Tempo Doeloe
Pekerja Temukan Pemukimam Era Kerajaan Majapahit di Proyek Tol Malang-Pandaan
Sabtu, 09-03-2019 | 14:00 wib
Reporter : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com  Sebuah struktur bangunan yang diduga peninggalan kerajaan majapahit ditemukan di lokasi pembangunan tol Malang-Pandaan di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Saat dilakukan penelitian di lokasi temuan, nampak jejak kota yang diduga dari era majapahit itu berupa susunan batu-bata yang mirip seperti tangga.
Jejak struktur bangunan yang diperkirakan jaman kerajaan majapahit ini, ditemukan saat pengerukan tanah yang rencananya akan dibangun tol Malang-Pandaan, tepatnya di di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Temuan ini menjadi perhatian warga sekitar karena sudah viral di media sosial dan mereka ingin mengetahui secara langsung, benda-benda sisa bangunan peninggalan era kerajaan zaman dulu.

Berdasarkan pengakuan warga, Supriyanto, ditemukan sejumlah barang kuno, seperti, guci, batu bata kuno, hingga uang koin kuno.

Diperkirakan, di kawasan tersebut merupakan sebuah pemukiman lintas zaman, dimulai dari Empu Sindok-Mataram, Singhasari, hingga Majapahit, abad ke 10 hingga abad ke 15 silam.

Selain itu tinggalan sejarah yang masih tampak berupa sisa struktur bangunan kuno untuk tempat tinggal warga. Area bangunan kuno berada di lokasi strategis, yakni di sisi utara gunung buring dan di barat sungai amprong.

Menurut Sejarawan Kota Malang, Dwi Cahyono menilai struktur bangunan yang ditemukan adalah sebuah tangga rumah tinggal.

"Terlebih lagi model batu-bata yang digunakan, mirip dengan bangunan pada masa kerajaan majapahit," kata Dwi Cahyono.

Ia berharap struktur bangunan yang ditemukan di lokasi pembangunan tol Malang-Pandaan, perlu ditindaklanjuti dengan melakukan eskavasi dan kemudian dibuatkan semacam rest area di lokasi tersebut. (yos)




Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062