Politik
Dua Orang Dalam Video Viral Ujaran Kebencian di Media Sosial Diperiksa Polisi
Selasa, 12-03-2019 | 19:00 wib
Banyuwangi pojokpitu.com  Dua orang dalam video viral yang diduga dilakukan oleh seorang ustad di Banyuwangi, akhirnya diperiksa polisi, Selasa sore. Kedua pelaku terpaksa diamankan petugas, karena diduga telah menyampaikan video bermuatan kampanye hitam dan menyudutkan salah satu pasangan Capres-Cawapres.
Tidak hanya itu, polisi juga memeriksa 7 orang yang terlibat dalam video tersebut. Hingga kini, kasus video viral tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian dan polisi masih belum menetapkan tersangka.

Adalah Supriyanto, usia 65 tahun, warga Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru dan Imam Suherlan, 44 tahun, warga Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

Keduanya tiba di Mapolres Banyuwangi, menaiki mobil patroli kepolisian sektor Kalibaru dengan pengawalan provost hingga keruang penyidikan Satreskrim Polres Banyuwangi.

Selain mengamankan 2 orang, polisi juga memeriksa 7 orang yang terlibat dalam video tersebut. Diantaranya ibu-ibu yang menerima ceramah, orang yang melakukan perekaman dan pihak-pihak lain yang terlibat.

Selain itu untuk memastikan video tersebut benar apa tidak, pihaknya telah melakukan pengecekan lokasi dimana video tersebut dibuat. Hasilnya memang benar, bahwa video tersebut terjadi di salah satu masjid yang berada di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Kapolres Banyuwangi, menjelaskan, hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan, memeriksa saksi-saksi dan alat bukti yang didapat serta mengklarifikasi atas beredarnya video yang menghebohkan dunia maya.

"Ketujuh orang tersebut hingga kini masih berstatus saksi, dan belum ditetapkan sebagai tersangka," kata AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Sesuai dengan laporan yang diterima polisi, pasal yang dilaporkan adalah pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan pasal 15 tentang peraturan hukum pidana serta pasal 45 a ayat 2 junto pasal 28 ayat 2 undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Sebelumnya telah beredar video viral di media sosial yang menghebohkan dunia maya. Dalam video berdurasi 51 detik ini, terlihat seorang ustad yang diduga telah menyampaikan kampanye hitam di depan ibu-ibu yang terkesan menyudutkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut nol satu Jokowi-Maruf Amin. (yos)





Berita Terkait

Peristiwa
Ustad Supriyanto Pelaku Video Ujaran Kebencian Akhirnya Mint...selanjutnya
13-03-2019 | 12:00 wib

Politik
Dua Orang Dalam Video Viral Ujaran Kebencian di Media Sosial...selanjutnya
12-03-2019 | 19:00 wib

Politik
Ustadz Banyuwangi Berkampanye Hitam Diamankan Polisi
12-03-2019 | 17:20 wib

Politik
Viral Video Ustad Kampanye Hitam Beredar di Media Sosial
12-03-2019 | 14:36 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062