Sosok 

Dari Hobi, Fotografi Mendulang Rupiah dan Prestasi
Minggu, 17-03-2019 | 08:28 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya - Siapa bilang hobi hanya untuk menghabiskan waktu luang?. Andrew Suryono, seorang freelance photographer asal Indonesia ini membuktikan, bahwa hobinya dalam dunia fotografi tak hanya mampu mendulang rupiah. Namun juga prestasi yang membanggakan bagi Indonesia dikancah internasional.

Berita Video : Dari Hobi, Fotografi Mendulang Rupiah dan Prestasi

Bekerja sesuai hobi itulah yang dilakukan Andrew Suryono, seorang freelance photographer national georaphic asal Surabaya ini. Bermula dari kejenuhannya bekerja di dunia koorporasi setelah menjadi alumni jurusan teknik industri di salah satu universitas di luar negeri, yang akhirnya membuatnya memutuskan untuk menjajaki hobi baru.

Hobinya dalam dunia fotografi pun ia mulai dengan fotografi e-commerce yang kemudian berkembang menjadi fotografi potret. Tak puas dengan hal itu, iapun mulai menekuni dunia fotografi secara serius.

Iapun mulai mencoba fotografi landscape dan wildlife. Secara otodidak dan berbekal referensi foto dari majalah national geographic, ia mulai mengeksplore eksotika alam, khususnya eksotika alam Indonesia.

Hasil karyanya yang berjudul orangutan in the rain inipun berhasil dilirik untuk dipublikasikan di majalah national geographic. Tak hanya itu, karya hasil jepretan fauna endemik indonesia tersebut, juga berhasil memikat mata juri dalam ajang world photography award, juga dinobatkan menjadi foto terbaik dalam nasional geographic photo contest.

Karena mendapat respon positif, dari jutaan foto national geographic yang ada, foto orangutan in the rain ini berhasil bersanding dengan 129 foto dari seluruh dunia di galery national geographic.

"Saya terus menerus belajar, latihan memang karena passion disana. namanya belajar dan latihan itu bukan beban bagi saya, setelah dua tahun berjalan. Tahu-tahu saya di kontak national geographic. Karena foto saya orangutan in the rain itu menang di world photography award dan juga nasional geographic photo contest," kata Andrew Suryono.

Hal inipun tak hanya membanggakan bagi dirinya namun juga turut membanggakan Indonesia. Pasalnya, foto orangutan in the rain ini menjadi foto Indonesia pertama yang berhasil menembus galeri national geographic, menjadi foto dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah national geographic, sekaligus menjadi orang indonesia pertama yang diterbangkan khusus untuk meet and greet di national geographic fine art gallery, di La Jolla, California.

Follow your passion follow your heart, itulah pesannya bagi pemula yang mencoba menjajaki dunia fotografi. Menentukan passion dan merealisasikannya tanpa berorientasi pada uang, menjadi penting agar hobi fotografi berjalan sesuai kata hati.

Selain itu, menyampaikan cerita di balik jepretan foto menjadi jauh lebih penting dari pada sekedar menyampaikan visual.
Melalui fotografi, ia ingin turut menjaga kekayaan alam, flora fauna indonesia.

Pihaknya berharap, fotografer di Indonesia bisa semakin banyak, sehingga mampu memperkenalkan kecantikan alam indonesia ke luar negeri. Ia yakin, sektor pariwisata indonesia bisa menjadi pemasukan yang menjanjikan bahkan menjadi yang utama.

"Banyak sekali, Indonesia ini salah satu negara yang flora dan faunanya paling kaya sedunia ya, kita punya segini banyak pulau, kita punya segini banyak landscape yang indah-indah," tutupnya.


Berita Terkait

17-03-2019 | 08:28
Dari Hobi, Fotografi Mendulang Rupiah dan Prestasi

20-07-2018 | 20:53
Hutan Bambu di Surabaya Menjadi Tujuan Para Penghobi Fo...

02-05-2018 | 05:29
Hilangkan Stres setelah UNBK, Puluhan Pelajar Ikut Foto...

04-08-2017 | 12:31
Dari Spot ke Spot, Komunitas Fotografi dan Model Suraba...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062