Pendidikan
Mendikbud Sebut Permendikbud 51 Tentang PPDB Boleh Dimodifikasi
Kamis, 21-03-2019 | 09:14 wib
Reporter : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com  Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) akhirnya boleh dimodifikasi sesuai kebutuhan tiap daerah. Namun Mendikbud Muhajir Effendi menekankan, modifikasi dilakukan selama tidak mengubah aturan yang ada.
Dalam kunjungannya di Surabaya, Mendikbud memastikan, PPDB yang mulai digelar Mei mendatang boleh dimodifikasi sesuai kebutuhan setiap daerah. "Permasalahan yang selama ini dipertanyakan adalah tentang tidak diperlukannya kartu keluarga sebagai syarat pendaftaran. Namun diganti dengan surat keterangan domisili, yang sarat dengan kecurangan," kata Muhajir Effendi, Mendikbud RI.

Selain itu, tidak dipakainya nilai ujian nasional sebagai penentu penerimaan siswa juga banyak dipertanyakan

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan mengaku belum mengetahui poin Permendikbud 51 mana yang akan dimodifikasi. Namun jika menyangkut dengan surat keterangan domisili dirinya mengaku pejabat tingkat kelurahan dan kecamatan bisa mengatasinya. "Sedangkan untuk nilai ujian nasional yang selama ini digunakan sebagai bahan pertimbangan utama dalam proses ppdb, kemungkinan besar masih tetap menggunakan," tutur Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya.

Meski demikian Ikhsan masih membuat formulasi yang sekiranya tak merugikan banyak pihak. Termasuk kuota bagi sekolah swasta.(end)


Berita Terkait

Pendidikan
Dispendik Deadline 10 Tahun Untuk Sekolah Tanpa Lahan
14-07-2015 | 20:56 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062