Batu Kuno Diduga Untuk Upacara Adat, Ditemukan di Sekitar Batu Kenong
5 Perangkat Desa Sogo Kosong, Puluhan Peserta Ikuti Ujian Seleksi
Pelipatan Surat Suara Pilkada Tuban Terapkan Prokes
Dua Kementerian Tinjau Revitalisasi Pasar
PSI Surabaya Targetkan Kemenangan 70 Persen Untuk Paslon Eri-Armuji
UMK Kota Batu Naik Rp 25.000
16 Ribu Lebih Petugas Pemilih Jalani Rapid Test
Pandemi Covid 19 Karangtaruna Produksi Sabun Cair



Pendidikan
PPDB 2019, Jatim Tetap Gunakan Nilai Unas Sebagai Syarat Utama
Sabtu, 23-03-2019 | 18:35 wib
Reporter : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com  Dinas Pendidikan Jatim tetap akan memasukkan nilai ujian nasional ke dalam syarat utama ppdb 2019. Hal ini merupakan bagian penting selain pelibatan zonasi sebagai syarat PPDB.
Sesuai Permendikbud 51 tahun 2018, nilai ujian nasional tak lagi masuk menjadi syarat PPDB, nilai unas hanya digunakan sebagai bahan pemetaan siswa.

Namun hal itu dinilai Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Syaiful Rahman, dapat menurunkan mutu suatu sekolah, yang selama ini telah memiliki kualitas baik.

"Apalagi jika ada siswa yang memiliki nilai unas tinggi, berdomisili di luar zonasi sekolah berkualitas baik itu, tentu akan merugikan siswa," kata Syaiful Rahman.

Oleh sebab itu, pihak Dindik Jatim pun tetap menggunakan nilai unas sebagai syarat utama PPDB 2019. Hal ini juga untuk menghapus stigma yang berkembang, terkait pelaksanaan ujian nasional yang dinilai tidak penting lantaran tidak digunakan sebagai syarat kelulusan dan syarat PPDB.

Syaiful menilai, turunnya permendikbud 51 tersebut diinisiasi dari kebijakan jatim yang menerapkan sistem zonasi terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia. Modifikasi yang Jatim lakukan pun dirasa tak menyalahi aturan Permendikbud. (yos)





Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062