Mlaku - Mlaku 

Kapasan Eksplore, Jalan-Jalan Mengenal Sejarah Kampung Pecinan
Senin, 01-04-2019 | 12:00 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya - Ratusan peserta dari berbagai usia, antusias mengenal sejarah kampung pecinan lewat Kapasan Eksplore pada hari Minggu (31/3) kemarin. Beberapa tempat bersejarah dikunjungi, salah satunya Klenteng Boen Bio.

Berita Video : Kapasan Eksplore, Jalan-Jalan Mengenal Sejarah Kampung Pecinan

Ratusan peserta memadati Klenteng Boen Bio, sebagai tujuan pertama plesir di Kampung Pecinan ini. Di klenteng tersebut, peserta dijelaskan secara langsung perwakilan dari klenteng terkait sejarah dan kegiatan rutin. Tak hanya itu, peserta juga berkesempatan untuk berkeliling di area klenteng.

Puas menikmati eksotika klenteng bersejarah tersebut, peserta kemudian bergeser menuju Mapolsek Simokerto. Bangunan Mapolsek Simokerto yang kini menjadi cagar budaya, merupakan bekas kantor Polres Surabaya Timur. Kapolsek Simokerto, Kompol Masdawati Saragih secara langsung menjelaskan bagian-bagian dari bangunan tersebut.

Beberapa peserta mengaku ini menjadi pengalaman pertama keliling ke tempat-tempat bersejarah di Kampung Pecinan Kapasan Surabaya ini. Namira salah satunya, mengaku merasa asyik mengikuti kegiatan tersebut, karena dapat belajar sejarah sambil berjalan-jalan dan menikmati eksotika bangunan bersejarah secara langsung.

Selain itu, Namira juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah lain seperti punden di kawasan tersebut. Rumah sakit darurat di era perjuangan pada masa penjajahan, lapangan tempat latihan kungfu, dan villa milik salah satu pendiri sampoerna yang juga menjadi cagar budaya.

Menurut Kuncarsono Prasetyo Tour Guide Kapasan Eksplore, setiap masing-masing tempat peserta akan dijelaskan langsung oleh masyarakat, pemilik bangunan, atau pihak yang terlibat. Di beberapa tempat itu, peserta diajak untuk flashback perjuangan kaum tionghoa yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (pul)


Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062