Ekonomi Dan Bisnis
Panen Raya Buah Srikaya, Petani Meraup Untung Dengan Peningkatan Produksi
Jum'at, 12-04-2019 | 06:15 wib
Reporter : Abdul Majid
Beginilah kesibukan para petani buah srikaya, saat sedang memilah buah srikaya berdasarkan ukurannya, di Desa Oro-Oro Ombo Wetan Kecamatan Rembang Pasuruan. Foto: Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com  Panen raya buah srikaya pada tahun ini sangat diharapkan para petani di Pasuruan, dengan cuaca yang baik membuat buah srikaya maksimal berbuahnya, selain manis dagingnya juga biahnya saat ini besar-besar. Tentunya ini membuat petani dan pengepul meraup untung, dengan produksi petani srikaya yang maksimal.
Seperti kesibukan para petani buah srikaya, saat sedang memilah buah srikaya berdasarkan ukurannya, di Desa Oro-Oro Ombo Wetan Kecamatan Rembang Pasuruan.

Terlihat para petani sedang membersihkan buah srikaya dari kotoran yang menempel, sehingga menjadi bersih dan menarik bagi pecinta buah srikaya, yang terkenal dari Pasuruan ini yang memiliki daging manis dan tebal.

Menurut haji Munir, ketua gapoktan sekaligus pengepul, pada tahun ini penjualan buah srikya meningkat hingga lima puluh persen, dibandingkan dengan tahun lalu. "Dalam sehari biasanya bia mendapatkan kiriman dari petani sebanyak tiga mobil pick up," kata Munir.

Disalah satu desa di Kecamatan Rembang ini sudah dikenal dengan petani srikayanya, saat ini ada 60 kelompok petani yang ada.

Sedangkan untuk harganya pun relatif murah, untuk ukuran srikaya kecil harganya Rp 7 ribu per kilo, untuk ukuran srikaya sedang harganya Rp 13 ribu per kilo, dan untuk ukuran srikaya besar harganya Rp 15 hingga Rp 20 ribu rupiah per kilonya.

Untuk penjualannya pun sudah merampah ke kota-kota besar di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, Probolinggo. (yos)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062