Life Style 

Sambut Ramadhan, Dengan Larung Sesaji Di Telaga Sarangan
Minggu, 05-05-2019 | 23:12 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, warga Magetan menggelar tradisi larung sesaji di Telaga Sarangan. Tumpeng yang berasal dari hasil pertanian warga desa setempat dilabuh di tengah telaga.


Warga di sekitar Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, mempunyai cara tersendiri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Warga dan sesepuh desa menggelar tradisi larung sesaji.

Awalnya, sesaji dan tumpeng raksasa ini diarak dari desa menuju Telaga Sarangan, dengan iringan musik tradisional Jawa. Arak-arakan tumpeng raksasa ini selanjutnya dibawa ke sesepuh desa guna dilakukan doa. Usai didoakan, selanjutnya seluruh sesaji dan tumpeng raksasa dibawa ke tengah telaga menggunakan perahu. 

Sesaji berupa tumpeng raksasa dan berbagai hasil bumi inipun selanjutnya ditenggelamkan ke tengah telaga.

"Tradisi larung sesaji ini sengaja digelar sebagai bagian dari bersih desa. Selain tradisi dan menjadi agenda rutin Pemkab Magetan, larungan  sebagai bentuk doa dan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat berupa tanah subur, dan hasil pertanian yang melimpah, juga wisata yang mengangkat perekonomian masyarakat," terang Suprawoto, Bupati Magetan.

Larung sesaji, yang bercikal bakal dari bersih desa, menjadi andalan Pemkab Magetan, khususnya Dinas Pariwisata setempat, dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata, demi tercapainya PAD dari sektor wisata.(end)




Berita Terkait


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062