Marhaban Ya Ramadhan 

Sambut Ramadhan Dengan Festival Oklik
Senin, 06-05-2019 | 13:20 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro - Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan datangnya bulan suci ramadhan, di Kabupaten Bojonegoro, puluhan grup tongklek dari berbagai wilayah se Karesidenan Bojonegoro, menggelar festival musik tradisional atau oklik dan patrol.

Berita Video : Sambut Ramadhan Dengan Festival Oklik

Yang menarik dalam festival ini para peserta tidak hanya sekedar beradu tetabuhan, melainkan juga berkreasi menampilkan pernak-pernik replika masjid hingga menghiasan kendaraan dengan lampu pernak pernik, yang membuat suasana festival menjadi lebih semarak dan meriah.

Sebanyak 25 kelompok musik tradisional turut memeriahkan festival oklik yang digelar Pondok Pesantren Darussalam Dungmas Kabupaten Bojonegoro.

Tak hanya sekedar menyajikan tetabuhan, para peserta yang berasal dari sejumlah wilayah se Karesidenan Bojonegoro, meliputi Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Tuban ini berusaha memberikan pertunjukan yang unik dan menarik. Aneka macam kreasi kostum dan gaya, mereka tampilkan untuk menghibur masyarakat.

Muhammad Sholeh Mashari, Panitia Penyelenggara, mengatakan, festival oklik ini mengambil rute sejauh 15 kilometer, melewati jalan-jalan desa.

"Start awal di Lapangan Desa Banjarejo hingga finish di Aula Pondok Pesantren Darussalam Dungmas, di Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro," kata Muhammad Sholeh Mashari.

Berbagai replika seperti burung garuda, tokoh pewayangan, hingga replika masjid, dan rumah adat sengaja dibuat para peserta untuk menambah kemeriahan festival.

Muhammad Sholeh Mashari mengatakan, dalam festival kali ini peserta diwajibkan memainkan lagu yang liriknya diambil dari bacaan sholawat serta tembang-tembang jawa bernada dakwah.
"Nyanyian para peserta sepanjang perjalanan membuat riuhnya suasana malam, berubah menjadi lebih religius," ucapnya.

Penampilan para peserta cukup menyedot perhatian masyarakat. Mereka rela memadati trotoar jalan untuk menyaksikan peserta oklik lewat hingga akhir.

Selain untuk memeriahkan awal bulan suci ramadhan, kegiatan ini juga dalam rangka merayakan haflah akhirussanah pondok pesantren setempat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan kesenian tradisional oklik, sebagai warisan seni budaya leluhur khas nusantara," tutur Muhammad Sholeh Mashari. (yos)


Berita Terkait

06-05-2019 | 13:20
Sambut Ramadhan Dengan Festival Oklik

06-05-2019 | 12:36
Sambut Ramadhan, Warga Poncogati Gelar Pawai Obor

05-05-2019 | 23:12
Sambut Ramadhan, Dengan Larung Sesaji Di Telaga Saranga...

05-05-2019 | 12:14
Sambut Ramadhan, Warga Gelar Tradisi Potong Rambut


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062