Peristiwa
Petani di Tuban Gelar Panen Raya, Gubernur Jatim Berikan Motivasi
Sabtu, 11-05-2019 | 15:35 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com  Bulan ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi petani melon di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pasalnya, tanaman holtikultura inipanen bersamaan datangnya bulan ramadhan. Bagi para petani melon, panen kali ini lebih spesial karena dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
Sedikitnya 340 hektar lahan pertanian di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur Ini, dijadikan menjadi sentra pertanian melon di kota bumi wali.

Pada awal bulan puasa ini menjadi berkah tersendiri bagi para petani melon di desa setempat. Pasalnya, kali ini para petani sedang melakukan panen raya melon yang bertepatan dengan bulan puasa.

Yang mana melon menjadi salah satu buah yang paling diburu untuk berbuka atau untuk campuran es.

Panen raya secara simbolis dilakukan oleh gubernur jatim dan bupati tuban, keduanya sengaja datang ke sentra pertanian melon ini untuk mengetahui kualitas hingga kendala yang dihadapi para petani melon selama ini.

Pasalnya, selama ini jenis melon golden yang dikembang petani disini menjadi promadona pecinta buah dan dipasarkan hingga ke Kalimantan dan Batam.

Dihadapan gubernur jatim, para petani mengeluhkan sekitar 35 persen lahan yang ditanami melon mengalami gagal panen, lantaran terdampak banjir dan terkena hama. Sehingga hasil yang mereka dapatkan menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat berdialog dengan petani melon, berharap para petani bisa beralih menjadi petani holtikultura, salah satunya dengan bertani buah melon.

"Karena hasilnya lebih menjanjikan, sehingga kesejahteraan petani bisa meningkat," kata Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, gubernur jatim akan membantu para petani melakukan ekspor, dengan catatan menjaga kualitas hasil pertanian yang mereka tanam. (yos)


Berita Terkait

Peristiwa
Trabas Alas, Bupati Panen Raya Porang Pakai Trail
01-07-2019 | 22:20 wib

Peristiwa
Petani di Tuban Gelar Panen Raya, Gubernur Jatim Berikan Mot...selanjutnya
11-05-2019 | 15:35 wib

Tempo Doeloe
Tradisi "Totak"an" Lepas Ribuan Burung Merpati Saat Panen Ra...selanjutnya
04-04-2019 | 21:15 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Petani Jagung Ponorogo Panen Raya
07-11-2018 | 07:30 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062