Kesehatan
Monkeypox Belum Masuk Jatim, RSUD Dr Soetomo Tak Siapkan Ruang Khusus
Kamis, 16-05-2019 | 18:56 wib
Reporter : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com  Virus monkeypox santer disorot setelah seorang warga Singapura dinyatakan tertular. Pun memiliki letak geografis yang dekat, Indonesia, khususnya Jatim belum ada kasus tersebut yang secara spesifik menyebut monkeypox telah menjangkiti masyarakat.
Berita Video : Monkeypox Belum Masuk Jatim, RSUD Dr Soetomo Tak Siapkan Ruang Khusus
Kabid Pencegahan dan Penyakit Menular Dinkes Jatim Setya Budiono menyebut, monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit zoonotik. "Yakni penyakit yang ditularkan oleh hewan liar seperti monyet liar ke manusia. Sebagian besar penyakit ditularkan di daerah Afrika Tengah dan Barat yang berdekatan dengan hutan tropis, namun minggu lalu positif ditemukan di Singapura. Gejala monkeypox diawali dengan panas tinggi, kulit bintik berair di bagian wajah, serta nyeri di bagian tubuh," terangnya. 

Setya menyebut, seseorang yang dinyatakan tertular monkeypox wajib diisolasi agar tak menjangkiti sekelilingnya. Sebab cara penularannya cukup mudah yakni melalui kontak langsung dengan penderita, baik itu berupa cairan tubuh, darah, maupun luka.

Sementara itu, RSUD Dr Soetomo tidak menyiapkan ruangan khusus bagi penderita monkeypox. Namun sudah ada ruang isolasi khusus yang bisa digunakan untuk mengisolasi penderita monkeypox agar tak menularkan virus ke sekitarnya.

Ruang isolasi tersebut juga dilengkapi dengan peralatan dan obat-obatan supportif. Sebab belum ada obat secara spesifik yang bisa menyembuhkan, lantaran monkeypox merupakan penyakit self limiting disease, atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Saat ini virus monkeypox belum ditemukan di Jawa Timur. Namun upaya pencegahan perlu dilakukan agar tak sampai menjangkiti masyarakat.(end)


Berita Terkait

Metropolis
Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya Tingkatkan Kewaspadaan V...selanjutnya
16-05-2019 | 16:57 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062