Peristiwa 

Pasca Terbakar, Pengurus Klenteng Langsung Bertemu Walikota Probolinggo
Selasa, 21-05-2019 | 06:15 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo - Pasca terbakarnya Kelenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo, Jawa Timur, pengurus kelenteng bertemu wali kota setempat guna membicarakan nasib kelenteng ke depan. Karena bangunan cagar budaya, kedua belah pihak sepakat akan segera membangun kelenteng berusia ratusan tahun ini.


Kelenteng Tri Dharma Sumber Naga, yang terletak di Jalan Wr Supratman Kota Probolinggo, hangus terbakar. Nyaris tidak ada yang tersisa di bangunan cagar budaya ini.
Bangunan utama yang merupakan tempat para dewa tuan rumah berada nyaris tidak tersisa, semua bangunan dan isinya ludes terbakar.

Melihat kondisi tersebut, para jamaah tidak bisa lagi untuk melakukan beribadatan di kelenteng buatan tahun 1865 ini. Pengurus kelenteng bergerak cepat berkoordinasi dengan walikota setempat guna membahas nasib kelenteng ke depan.

Bertempat di ruang transit kantor walikota probolinggo, pengurus kelenteng melakukan pertemuan dengan walikota probolinggo.

Pembahasan dilakukan secara terbuka dan pihak pemerintah kota akan melakukan kajian soal kontruksi bangunan kelenteng. Pemkot akan membentuk tim kajian.

Menurut Habib Hadi Zainal Abidin, Walikota Probolinggo, selain melakukan kajian kontruksi, tim ini akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat soal arsitektur kelenteng.

Sementara itu, menurut Adi Sutanto, Ketua Kelenteng Tri Dharma Sumber Naga, pembangunan akan segera dilakukan usai penyelidikan dari kepolisian. "Sampai sejauh ini sudah 50 kelenteng diseluruh Indonesia ikut menyumbang," kata Adi Sutanto.

Dari perhitungan, jumlah kerugian akibat kebakaran ini mencapai Rp 3 milyar. (yos)


Berita Terkait

20-05-2019 | 11:42
Klenteng Terbakar, Sembahyang Waisak Tetap Digelar


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062