Mlaku - Mlaku
Masjid Tiban Masih Jadi Daya Tarik Warga dan Jadi Lokasi Berfoto Pengunjung
Kamis, 30-05-2019 | 16:43 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com  Masjid Tiban masih menjadi lokasi wisata religi yang mendatangkan pertanyaan yang belum terjawab hingga saat ini. Pasalnya, para pengunjung yang terus berdatangan dari Malang maupun luar Malang masih penasaran munculnya Masjid Tiban. Arsitek bangunan dan ornamen yang menakjubkan pada dinding masjid, juga menjadi andalan berfoto sua bagi pengunjung.
Sejak tahun 1963 atas prakarsa Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaudin Saleh Al Mahbub selaku pendiri Pondok Pesantren Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Desa Sanan Rejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, dirintis. Namun secara bertahap pembangunan ponpes direalisasikan, sejak tahun 1978 oleh para santri dan jamaahnya.

Dari jalan masuk yang cukup sempit, pengunjung langsung menyaksikan kemegahan Pondok Pesantren Bihaaru Bahri Asali yang berlantai sepuluh. Pilar-pilar beton cukup kokoh ini terbuat dari batu keramik dan marmer terbaik yang didatangkan langsung dari kawasan Tulungagung. Seluruh detail, ukiran dan kaligrafi pada dinding bangunan, dikerjakan langsung oleh seluruh santri dan jamaah pondok secara bergiliran.

Di areal pondok ini terdapat deretan akuarium dengan warna-warni dan berbagai jenis ikan air tawar. Ditambah ornamen dinding dan cahaya lampu, membuat suasana terkesan asri.
 
Di lantai tiga hingga enam, pengunjung memasuki areal kaligrafi dinding bercorak emas. Lafaz ayat-ayat suci Alquran, nampak terpatri berbaur sorot lampu warna yang mempesona. Karena lantai areal pondok termasuk suci, pengunjung pun wajib menanggalkan alas kaki saat menjelajahi sudut ruangan di seluruh lantai bangunan.

Di lantai tujuh hingga sembilan terdapat sejumlah toko oleh-oleh khas pondok yang dijalankan oleh santri dan jamaah pondok. Sementara di lantai puncak terdapat tempat jual beli bibit yang juga memberdayakan santri dan jamaah.

Para pengunjung mengaku sengaja berwisata religi ke Masjid Tiban karena penasaran dengan keindahan arsitektur masjid yang konon dibangun dalam satu hari oleh jin ini. Ini dikatakan Kharisma Nuriah, pengunjung asal Kota Batu.

Masyarakat umum lebih mengenal Masjid Tiban karena konon masjid yang sangat megah ini, dibangun jin dalam semalam dan tanpa sepengetahuan warga sekitar. Hanya saja, pembangunan pondok dengan cara bertahap tanpa henti membuat stigma jika bangunan pondok muncul secara tiba-tiba, justru berkembang, meski hal itu, dibantah santri sekaligus pengurus pondok. Kemegahan desain dan arsitekrur pondok pesantren ini didapatkan hasil istikhoroh dari pendiri pondok.

Kemegahan pondok pesantren yang kerap disebut Masjid Tiban ini sudah mendunia. Kemegahan arsitekturnya, menyimpan pesan agar manusia, tidak silau dengan keindahan dunia semata.(end)


Berita Terkait

Marhaban Ya Ramadhan
Masjid Sokambang Salah Satu Masjid Tertua Di Kabupaten Sumen...selanjutnya
20-05-2019 | 18:32 wib

Marhaban Ya Ramadhan
Keindahan Masjid Bawah Tanah di Tuban
15-05-2019 | 00:20 wib

Marhaban Ya Ramadhan
Masjid Beronamen Mojopahitan Menjadi Jujukan Musyafir
13-05-2019 | 21:20 wib

Tempo Doeloe
Masjid Besar Kuno Taman Berusia 265 Tahun Masih Terjaga
12-05-2019 | 00:11 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062