Icip - Icip 

Jajajan tradisional berbentuk terompet itu terbuat dari adonan tepung beras, santan kelapa, dan gula merah, yang dibungkus daun siwalan.
Berkah Lebaran, Dumbek Jajanan Tradisional Khas Tuban Laris Manis
Selasa, 11-06-2019 | 05:26 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban - Lebaran Idul Fitri identik dengan suguhan berbagai jenis camilan, kue, maupun minuman. Warga Kabupaten Tuban, memiliki suguhan khas bagi tamu yang datang ke rumah, yaitu dumbek.


Dumbek adalah jajanan tradisional berbentuk mirip terompet kecil, yang terbuat dari gulungan daun siwalan. Sementara bagian dalamnya yang dimakan merupakan campuran adonan tepung beras, santan kelapa, dan gula merah. Beberapa penjual terkadang juga mencampurkann susu, agar terasa lebih gurih.

Menjelang lebaran Idul Fitri seperti ini keberadaan dumbek sangat dicari. Dumbek kerap dijadikan buah tangan saat berkunjung ke rumah kerabat luar daerah. Sementara saat lebaran, jajanan tradisional ini akan dijadikan suguhan khas mendampingi kue-kue kering di meja tamu.

Jumlah produsen dumbek di Kabupaten Tuban tidak banyak. Mereka masih mempertahankan resep dan cara tradisional untuk memasak dumbek. Sehingga banyaknya pesanan yang datang selama lebaran terpaksa ditolak.

Haji Sahenan misalnya, membatasi pesanan maksimal 5 ribu biji per hari. Jumlah ini lima kali lipat dibanding produksi hari biasa yang hanya sekitar seribu biji.

"Tak hanya warga sekitar, pesanan juga banyak datang dari luar Jawa. Bahkan pesanan juga kerap datang dari warga yang bekerja di luar negeri," kata Haji Sahenan.

Dumbek dijual cukup murah antara Rp 1.000 sampai Rp 2 ribu, tergantung campuran adonan yang diminta. Tanpa bahan pengawet, dumbek mampu bertahan sampai 3 hari. Namun jika disimpan dalam lemari pendingin, jajanan basah ini mampu bertahan hingga satu minggu. (pul)








Berita Terkait

18-03-2019 | 03:21
Saat Jajanan Tradisional Disuguhkan, Langsung Diburu Pe...

20-11-2018 | 17:41
10 Gunungan Hasil Bumi dan Jajanan Tradisional Diarak K...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062