Peristiwa 

Diduga Penyalagunaan Keuangan ADD DD, 9 Kades Diperiksa Inspektorat
Rabu, 12-06-2019 | 16:34 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo - Sembilan kepala desa di Kabupaten Situbondo dipanggil dan diperiksa petugas kantor inspektorat setempat, pemeriksaan dilakukan lantaran dugaan kesalahan administrasi dan penyalagunaan keuangan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2018 kemarin. Penyalahgunaan ADD, DD ini , berdasar dari temuan tindak lanjut BPK-RI atas LKPD Situbondo 2018.


Di Ruang Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Kantor Inspektorat Situbondo, satu persatu kepala desa menjalani pemeriksaan. Sebanyak sembilan kades dari Desa Demung , Jatibanteng, Kedung Loh, Palangan, Sopet, Sumber Tengah Talkandang, Sumberejo dan Kalianget, memenuhi pemeriksaan oleh petugas inspektorat.

Dugaan penyalah gunaan keuangan desa hasil dari temuan bpk-ri atas lkpd situbondo tahun 2018 .dari 9 desa bermasalah tersebut , 7 kades memiliki itikad baik untuk mengembalikan dana ADD, DD yang masing masing desa bervariatif.

Sedangkan untuk dua desa, pihak inspektorat telah melakukan pemanggilan namun tidak ada respon lanjutan dari Kades Sumberejo Kecamatan Banyuputih dan Desa Kalianget Kecamatan Banyunglugur. Kepala Desa mengaku, keterbatasan sdm sejumlah aparat desa menjadi pemicu SPJ tak rampung.

Bambang Priyanto, kepala inspektora situbondo, mengatakan, telah melimpahkan permasalahan kades mokong kalianget, kepada kejaksaan negeri situbondo. "Untuk Desa Sumberejo, petugas memberi batas pengembalian dana ADD,DD pada tanggal 19 Juni nanti," kata Bambang Priyanto.

Meski telah memenuhi pemeriksaan inspektorat situbondo, tujuh kades atau pun Plt kades diminta nota asli pengembalian bukti setoran pembelian. Nota asli tersebut atas permintaan BPK-RI. (yos)





Berita Terkait

29-01-2019 | 14:01
Kades Diperiksa Bawaslu, Pemkab Madiun Pasrahkan Ke Apa...


Sponsored Content

loading...


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062