Peristiwa
Tari Seblang, Ritual Magis Suku Using
Rabu, 12-06-2019 | 22:10 wib
Reporter : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Ratusan wisatawan memadati lokasi ritual magis Tari Seblang Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Foto: Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com  Setiap tahun digelar, adat Seblang Desa Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi selalu ramai penonton. Wisatawan lokal maupun asing ikut memadati lokasi ritual tarian seblang tersebut.
Ritual tari seblang setiap tahun selalu digelar di lapangan desa setempat, dengan panggung lingkaran diameter kisaran 3 meter.

Diiringi lantunan musik tradisional, gadis yang masih perawan menari dengan keadaan tanpa sadarkan diri. Tari seblang olehsari, merupakan ritual warga suku osing untuk membersihkan desa. Tarian ini akan digelar sejak hari raya ke 3 hingga lebaran enam hari.

Penari tanpa sadarkan diri itu akan melempar selendang ke penonton. Barang siapa yang terkena selendang tersebut wajib naik untuk menari bersama bersama sang seblang. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka penari seblang akan marah.

Lantaran tergolong unik, ritual magis tari seblang olehsari selalu menjadi daya tarik wisatan lokal maupun mancanegara. Ritual ini dilengkapi dengan menjual bunga dermo. Bunga yang sudah dibacakan mantra ini dipercaya dapat mengundang berkah, seperti cepat dapat jodoh, membuat hasil panen melimpah dan lain-lain. (pul)






Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062