Teknologi
Siswi SMK Bondowoso Ciptakan Fire Charger Handphone
Rabu, 19-06-2019 | 12:20 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Karya ini diberi nama fire charger yang telah berhasil meraih juara 1 dalam ajang lomba bergengsi pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur. Foto Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com  Inovasi siswi SMK di Bondowoso berhasil menciptakan alat charger atau penambah daya handphone bertenaga api.
Berita Video : Siswi SMK Bondowoso Ciptakan Fire Charger Handphone
Kali ini datang dari bidang kompetensi keahlian teknologi elektro industri. Kreativitas yang dikembangkan tersebut berawal dari ide cemerlang seorang siswi bernama Siska Kurniati. Siswi kelas 10 teknik elektronika industri berhasil menciptakan penambah daya telepon seluler bertenaga api.

Siska memberi nama hasil karyanya fire charger. Prinsip kerja dari alat ini memanfaatkan energi panas yang diubah menjadi energi listrik. Perubahan inilah yang kemudian dimanfaatkan menjadi sumber arus listrik untuk mengisi daya android telepon genggam.

"Alat tersebut berbasis pada peltier atau dikenal dengan istilah thermo electric. Panas api mengenai peltier akan menghasilkan tegangan yang akan digunakan untuk mengisi ulang daya baterai handphone," kata Sisca Kurniati.

Keunggulan alat ini tidak menggunakan daya listrik secara langsung. Pengoprasiannya menggunakan api sebagai sumber energi, sehingga cocok digunakan di area tanpa menggunakan jaringan listrik atau pln, praktis serta ramah lingkungan .

Kreativitas sisca sempat diikutkan dalam kontes kreativitas bergengsi pemuda pelopor dan berhasil menjadi juara 1 untuk bidang inovasi dan teknologi tingkat Jawa Timur. (pul)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062