Tempo Doeloe
Pelaku Seni, Anggap Pemerintah Tak Serius Kembangkan Wayang Beber
Minggu, 23-06-2019 | 01:20 wib
Reporter : Agung Prawoto
Pacitan pojokpitu.com  Sejumlah pelaku seni wayang beber yang tergabung dalam komunitas wayang beber sekabendino, mengkritisi pengembangan kesenian wayang beber di Pacitan. Mereka menilai, pemerintah daerah tidak serius melestarikan kekayaan daerah,asli kecamatan donorojo itu.
Kritikan itu disampaikan para pelaku seni wayang beber, pada kegiatan forum diskusi grup penentuan ikon pariwisata pacitan,di gedung karya dharma.

Pelaku seni yang tergabung dalam komunitas wayang beber sekabendino itu, menyayangkan sikap pemerintah kabupaten pacitan yang kurang serius,mengembangkan kesenian wayang beber.

Dian, seniman menjelaskan, kita menilai upaya pemerintah untuk mengenalkan kesenian wayang beber ke masyarakat luas, masih sangat kurang. Hal itu dibuktikan, dari jarangnya pentas seni wayang beber di Pacitan.

"Bahkan dipertunjukan hari hari besar, seperti hari jadi pacitan dan hari peringatan kemerdekaan, kesenian wayang khas Kecamatan Donorojo ini tak pernah dipentaskan. Hal itu dilihat para pelaku wayang beber sejak 4 tahun terkahir," ujar Dian

Kesenian wayang beber menjadi salah satu kekayaan daerah Pacitan yang musti di lestarikan. Tidak seriusnya upaya Pemda Pacitan untuk mengenalkan budaya ini, bukan tak mungkin bakal menghilangkan nilai dan keberadaan wayang beber di tengah masyarakat. (yos)


Berita Terkait

Life Style
Lukisan Wayang Beber Tetap Lestari, Meski Pementasan Sudah P...selanjutnya
26-04-2017 | 09:32 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062