Rehat
Serunya Lomba Pacuan Kuda di Lautan Pasir Gunung Bromo
Selasa, 09-07-2019 | 13:00 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Ratusan ojek kuda Gunung Bromo, mengikuti lomba pacuan kuda di lautan pasir Kabupaten Probolinggo. Perlombaan baru pertama digelar ini, menghibur wisatawan saat musim liburan sekolah. Foto Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com  Biasanya kuda milik warga suku tengger Bromo sibuk melayani dan mengantar wisatawan dari lautan pasir menuju kawah Gunung Bromo. Namun kali ini, majikan beserta kuda sibuk mendaftar lomba pacuan kuda.
Lomba pacuan peserta khusus dari abang ojek kuda ini digelar di kaldera Gunung Bromo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Panitia mengukur satu persatu kuda dengan ketinggian kuda untuk menentukan kelas. 

Arena pacuan sepanjang 500 meter. Tantangan ini mengharuskan pemilik memacu kudanya untuk terdepan memasuki garis finis dan menjadi sang juara.

Karena unik, perlombaan pacuan kuda membuat mata warga dan para pengunjung terhibur. Sebab ada tontonan gratis sambil menikmati keindahan panorama alam gunung tercantik di dunia ini.

Menurut Abas salah satu peserta lomba mengaku tak ada persiapan sama sekali. Namun kuda miliknya sudah terbiasa di medan lautan pasir. Meski kalah, dia mengaku bangga bisa ikut pacuan.

"Kuda saya tidak fit, kalah dalam pertandingan pertama, kayaknya kelelahan maklum habis mengantar tamu ke atas,tapi tahun depan harus menang," kata Abas.

Karena antusias warga suku tengger terhadap kegiatan lomba pacuan kuda khas bromo sangat positif, maka rencana kegiatan semacam ini, akan digelar setiap tahun. Serta bisa menjadi ajang silaturahmi sesama pelaku wisata di wilayah Gunung Bromo. (pul)


Berita Terkait

Olah Raga
Lomba Pacuan Kuda Tingkat Nasional, Semarakkan Grebek Suro
26-09-2016 | 12:13 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062