Teknologi
Pelajar SMK Sidoarjo Ciptakan Mesin Otomasi Sortir Pencacah Sampah
Kamis, 11-07-2019 | 20:09 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Pelajar SMK di Kabupaten Sidoarjo ciptakan prototipe mesin otomasi industri yang bisa dimanfaatkan mencacah sampah ataupun memilah sampah. Foto Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com  Pelajar SMK tak kalah produktif dalam untuk ciptakan teknologi tepat guna. Pelajar SMK YPM 8 Sidoarjo misalnya menciptakan prototipe mesin otomasi industri yang bisa dimanfaatkan untuk pencacah sampah.
Temuan ini atas keprihatinan kondisi sampah yang melimpah. Sambil berusaha agar sampah yang ada dapat disortir, mana yang mengandung logam ataupun tidak. Atau sampah plastik ataupun non plastik, sehingga dapat dipilah dan disesuaikan sesuai dengan manfaatnya.

Dengan memanfaatkan alat sensor yang  dipasang sesuai kebutuhan di mesin sortir ini, bisa memilah sampah organik ataupun sampah organik. Maka barang barang yang disortir kemudian akan bergerak sesuai dengan perintah sensor yang dipasang.

Menurut Andika penggagas teknologi mesin pencacah sampah, biaya produksi di kisaran Rp 10 juta. Terbilang bisa ditekan dibandingkan membeli mesin produksi di pasaran yang terbilang mahal. Diharapkan mesin sortir ciptaan pelajar SMK ini nantinya bisa dimanfaatkan dan digunakan di dinas terkait yang mengelola sampah.

Selain itu teknologi tepat guna ini juga akan dipatenkan oleh pihak sekolah. Agar nantinya bisa diproduksi secara massal. (pul)


Berita Terkait

Peristiwa
Mesin Pembakar Sampah Inovatif dari Lereng Kelud
23-07-2015 | 14:25 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062