Kesehatan
Sakit Kepala Setelah Berenang? ini Penyebabnya
Selasa, 16-07-2019 | 01:20 wib
Reporter :
pojokpitu.com Bagi segelintir orang, berenang bukanlah olahraga yang menyenangkan karena ada rasa lain yang bisa terjadi usai melakukan olahraga tersebut. Ya, setelah berenang, bukannya badan menjadi segar, tapi yang didapatkan justru mengantuk dan sakit kepala.
Penyebab sakit kepala setelah berenang

Lalu, bagaimana dengan sakit kepala setelah berenang? Apakah itu ada kaitanya dengan kondisi menahan ngantuk ketika berenang? Atau jangan-jangan karena faktor lain? Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, sakit kepala setelah berenang bisa disebabkan oleh kompresi eksternal, salah satunya adalah penggunaan kacamata renang yang terlalu kencang.

"Pemakaian kacamata renang yang terlalu kencang akan menyebabkan penekanan pada saraf, sehingga Anda akan merasa nyeri di sekitar mata dan pelipis. Namun, sakit kepala yang dipicu oleh tekanan pada saraf tidak menimbulkan sensasi berdenyut dan mudah hilang," kata dr. Alvin.

Bila sakit kepala usai berenang justru menimbulkan sensasi berdenyut, maka penyebabnya adalah exertion headache. Dikatakan oleh dr. Alvin, jenis sakit kepala ini memiliki ciri berdenyut dan berlangsung selama 5 menit atau bahkan 48 jam.

"Sakit kepala exertion khususnya terjadi setelah berenang, dengan intensitas yang berat dan dipicu oleh peningkatan aliran darah ke otak dengan cepat," jelas dr. Alvin. 

Jadi, jangan terlalu heran bila Anda mengantuk atau sakit kepala setelah berenang. Sebab, itu adalah hal yang wajar karena berenang mambuat Anda terpapar dengan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kondisi tersebut.

Kendati begitu, apabila rasa lelah atau sakit kepala setelah berenang tak kunjung hilang hingga lebih dari dua hari, jangan sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Tindakan ini dilakukan agar keluhan yang Anda alami bisa segera diketahui penyebab dan cara terbaik untuk mengatasinya.(NB/RVS/klikdokter/jpnn/yos)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062