Peristiwa
BMKG Imbau Gelombang Tinggi dan Suhu Dingin Selama Musim Kemarau
Jum'at, 19-07-2019 | 13:14 wib
Reporter : Khusni Mubarok
BMKG mengimbau nelayan untuk tetap selalu berhati-hati ketika melaut. Foto Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com  Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika kelas 2 Tuban mengeluarkan prakiraan ketinggian gelombang 5 hari ke depan, mulai tanggal 19-23 Juli 2019. Bahwa ketinggian gelombang di laut utara Tuban berkisar antara 1.5 - 3.0 meter.
BMKG yang berkantor di Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Tuban mengeluarkan peringatan dini ketinggian gelombang laut utara. Rinciannya, kondisi gelombang di laut jawa bagian timur maksimal 3,5 meter. Di perairan kepulauan Masalembu gelombang maksimal 3,5 meter. Gelombang di perairan Pulau Bawean maksimal 3 meter.

Sedangkan di perairan laut utara jawa bagian Jatim, termasuk Tuban, ketinggian gelombang antara 1,5 meter hingga 3 meter. Ombak besar disertai angin kencang ini akan terjadi mulai tanggal 19 hingga 23 Juli 2019.

Menurut Desindra Deddy Kurniawan, Kepala BMKG Kelas 2 Tuban, selain itu kondisi cuaca saat ini musim kemarau. Dimulai pada bulan April lalu akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus mendatang. Pada siang hari kondisi udara akan terasa panas. Sedangkan pada malam hari suhu akan berubah dingin hingga suhu 20 derajat celcius.

"Fenomena ombak besar dan musim kemarau yang dingin pada malam hari ini dipengaruhi oleh monsun timur dari Australia yang bertiup ke Pulau Jawa. Munson timur membawa massa udara yang sifatnya kering, sehingga menurunkan suhu di wilayah Jawa pada malam hari," kata Desindra Deddy Kurniawan.

Selain itu, munson timur juga berdampak terhadap penambahan kecepatan angin, yang berdampak terhadap ketinggian gelombang di laut utara jawa. Salah satunya di Tuban, yang mana tinggi gelombang mencapai 3 meter.

"Terkait hal ini, kami mengimbau kepada warga yang beraktifitas di laut untuk tetap selalu waspada dan berhati-hati. Serta selalu memantau informasi di website maupun di media sosial resmi BMKG setempat," tambah Desindra Deddy Kurniawan. (pul)


Berita Terkait

Peristiwa
BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini, Terkait Cuaca Ekstrem...selanjutnya
27-01-2019 | 22:20 wib

Peristiwa
Hujan Serta Angin Kecang Masih Ancam Jawa Timur
10-12-2015 | 14:52 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062