Life Style
Mengintip Proses Pembuatan Black Garlic Yang Kaya Manfaat
Selasa, 30-07-2019 | 11:42 wib
Reporter : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com  Bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Jika anda enggan mengunyahnya mentah-mentah, anda bisa menikmati khasiatnya dengan cara diolah menjadi bawang hitam atau black garlic. Apa itu black garlic dan bagaimana proses pembuatannya?.
Black garlic,atau bawang hitam mungkin belum familiar di kalangan masyarakat. Namun di kalangan pecinta obat herbal, black garlic dipercaya memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti berkhasiat menstabilkan tekanan darah tinggi, hingga menjadi obat anti kanker yang mujarab.

Di tangan Wahyu Sri Mukti, warga perumahan Griya Surabaya Asri, Kecamatan Pakal Surabaya ini, bawang putih yang memiliki rasa getir, nyatanya dapat disulap menjadi black garlic yang bisa langsung dimakan. Sehingga para konsumen bisa langsung memakannya tanpa takut terasa ada rasa getir bawang putih.

Caranya, bawang putih lanang yang telah disortir di tata kedalam wadah tertutup dengan suhu 60 hingga 70 derajat celcius. Proses ini dinamakan proses fermentasi. Sebab, bawang-bawang itu akan terus dipanaskan di dalam wadah tertutup selama tiga hingga empat minggu lamanya, gunanya untuk merubah warna asli bawang yang putih menjadi hitam.

Setelah dipanaskan hingga empat minggu lamanya, black garlic di angkat dari wadah tertutup tersebut. Kemudian di dinginkan dan bisa dikonsumsi.

Ide Wahyu Sri Mukti menjadikan bumbu utama masakan ini menjadi obat herbal rupanya bukannya tanpa alasan. Dirinya mengaku terinspirasi dengan kawannya seorang perawat yang saat itu memberikan pasiennya black garlic. Setelah dimakan secara teratur, ternyata langsung memberikan manfaat. "Sang pasien yang awalnya memiliki hipertensi kemudian berangsur-angsur membaik," kata Wahyu Sri Mukti.

Selain memiliki khasiat menstabilkan tekanan darah tinggi dan obat anti kanker, black garlic juga dipercaya berkhasiat sebagai sumber antioksidan, meredakan peradangan, menjaga kesehatan hati hingga mencegah obesitas.

Kepedulian terhadap pengobatan herbal rupanya tak hanya sebatas membuat black garlic. Banyak produk herbal yang sudah ia buat, seperti aneka minuman yang terbuat dari kayu secang dan bunga rosela, hingga mengolah jahe temulawak dan kunir menjadi serbuk.

Sementara itu Khusnul Khotimah salah satu warga Perumahan Pondok Benowo Indah Surabaya yang mencoba langsung black garlic mengatakan, sudah tak merasakan rasa getir menyengat dari bawang putih. "Rasanya sudah menjadi asam dan manis, sehingga bisa langsung dikunyah," kata Khusnul.(pul)


Berita Terkait

Ekonomi Dan Bisnis
Gubernur Jatim Panen Bawang Putih Perdana Pegunungan Ijen
03-08-2019 | 18:19 wib

Life Style
Mengintip Proses Pembuatan Black Garlic Yang Kaya Manfaat
30-07-2019 | 11:42 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Harga Bawang Merah Terjun Bebas Mencapai Rp 12 Ribu
29-07-2019 | 13:49 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Harga Bawang Merah Anjlok Drast...selanjutnya
11-05-2019 | 23:19 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062