Peristiwa
DPO Pencuri Kayu Hutan Diamankan Satreskrim Polsek Bantur
Senin, 12-08-2019 | 16:44 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com  Aksi pencurian kayu hutan milik Perhutani masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Mereka beraksi rata-rata lebih dari dua orang dan dengan bersama-sama, melakukan pencurian untuk dijual secara ilegal dan uang akan dibagi rata.
Salah satu pelaku DPO yang tertangkap Polsek Bantur, yang memiliki peran membawa kayu curian ke dalam truk. Petugas juga masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lainnya yang ditetapkan DPO kepolisian.

Samuji (41) warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, yang harus berurusan dengan Satreskrim Polsek Bantur, usai melarikan diri setelah melakukan pencurian kayu hutan.

Mereka dalam aksi pencurian kayu hutan bersama 3 teman dan salah satu pelaku sudah diamankan jauh hari. Dirinya saat pulang ke rumah harus dibekuk petugas usai kabur selama beberapa bulan.

Dalam aksi pencurian kayu hutan di lahan milik Perhutani Wilayah Bantur, pelaku berperan sebagai pembawa kayu yang sudah dipotong untuk dimasukkan ke dalam truk guna dibawa ke pemesannya.

Namun, saat mengetahui adanya pencurian kayu jati di lahan milik Perhutani, petugas Perhutani berkoordinasi dengan Polsek Bantur dan berhasil meringkus pelaku terdahulu, sedangkan 3 orang kabur.

Jarak beberapa bulan dan pelaku mengira kasusnya sudah dilupakan polisi, Satreskrim Polsek Bantur berhasil meringkus pelaku di rumah dan selama itu dirinya kabur di luar Malang.

Dalam aksinya, mereka berhasil mencuri sebanyak 40 gelondong kayu jati yang akan dijual kepada pemesannya, namun sudah diamankan petugas dan kayu sudah dititipkan di TPK terdekat.

Menurut Ipda Williyanto Nugroho, Kanit Reskrim Polsek Bantur, bahwa pelaku diamankan di rumahnya usai melarikan diri. Pelaku lainnya sudah tertangkap duluan dan menyisakan 2 DPO lagi yang berada di luar Malang, dengan mencuri kayu sebanyak 40 gelondong.

"Pelaku berperan sebagai pengangkut kayu untuk dimasukkan ke dalam truk dan rencana akan dikirimkan kepada pembelinya," kata Ipda Williyanto Nugroho, Kanit Reskrim Polsek Bantur.

Kini petugas fokus kepada dua pelaku lainnya yang masih DPO dan sudah dikantongi identitasnya tersebut. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 12 huruf D juncto pasal 83 Undang-Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan perusakan hutan, dengan ancaman hingga 5 tahun kurungan penjara.(end)


Berita Terkait

Peristiwa
Polres Bojonegoro Tembak Dua Tersangka Pencurian Kayu
29-07-2019 | 13:00 wib

Peristiwa
Demi Penuhi Kebutuhan Hidup, Pria ini Nekat Curi Kayu
11-09-2018 | 02:18 wib

Peristiwa
Beli Kayu Curian, Supir dan Juragan Kayu Ditangkap Polisi
05-05-2018 | 12:03 wib

Hukum
Nekat Curi Kayu Hutan, Dua Pemuda Dibekuk Polisi
01-08-2017 | 02:27 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062