Kesehatan
Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini
Minggu, 01-09-2019 | 04:15 wib
Reporter : Nova Sari
Surabaya pojokpitu.com  Salah satu penyakit kanker yang menjadi momok para wanita adalah kanker serviks. Yaitu kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Gejala ini baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Dalam banyak kasus, kanker serviks terkait dengan infeksi menular seksual.
Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Dari jumlah tersebut, 10% terjadi karena kanker serviks. Sedangkan menurut data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya terjadi 15000 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia.

Topik mengenai kanker serviks ini menjadi hal menarik, menjadi bahasan dalam kegiatan gathering hospital yang dilakukan oleh RS Manyar Medical Centre yang dahulunya bernama RS Bedah Surabaya. Sebagai pembicara  dr. Hengky M. Masteryanto,Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Manyar Medical Centre Surabaya. Hadir juga dalam kegiatan tersebut para tenaga pemasar rumah  sakit dari Surabaya dan sekitarnya, selain itu direktur utama dan direktur keuangan dari RS MMC Surabaya.

Dalam paparannya dr Hengky  menjelaskan penyebab dari kanker serviks. Meski banyak orang yang sudah mengenal tentang HPV atau human papilloma virus sebagai penyebab dari kanker serviks ini, namun di masyarakat masih beredar mitos yang tidak relevan dengan dunia kesehatan.

HPV sendiri ketika masuk kedalam tubuh akan menginfeksi leher rahim. Selain daerah kelamin, HPV juga dapat menginfeksi kulit dan membran mukosa di anus, mulut, serta tenggorokan.  Hal ini bisa dideteksi dengan adanya pemeriksaan sejak dini, seperti dengan pap smear, khususnya bagi wanita yang sudah menikah atau yang sudah melakukan hubungan seksual. Perjalanan dari fase terinfeksi hingga menjadi kanker serviks tiap orang berbeda. Tergantung dari sejak kapan terdeteksi adanya virus tersebut dalam tubuh. Semakin dini, maka penanganannya bisa optimal dan bisa sembuh.

Ada upaya untuk pencegahannya, yaitu dengan pemberian vaksin HPV. Vaksin ini bisa diberikan mulai usia 9 hingga dewasa, yang tidak terdeteksi kanker serviks. Pemberian vaksi ini dilakukan 2 kali dalam rentang waktu tertentu, dan untuk perlindungan terhadap bahaya kanker serviks. Semakin dini dalam pencegahan adanya HPV, angka kematian kanker serviks bisa diturunkan.
 




Berita Terkait

Kesehatan
Dalam Sehari 20 Perempuan di Jawa Timur Meninggal Akibat Kan...selanjutnya
04-02-2019 | 23:17 wib

Kesehatan
Penting Buat Kaum Hawa: Ini loh Bahaya kanker Serviks dan Pe...selanjutnya
10-06-2017 | 14:37 wib

Kesehatan
Upaya Tanggulangi Kanker Serviks, POGI Gelar Konsultasi Grat...selanjutnya
16-01-2017 | 06:25 wib

Kesehatan
Kanker Serviks Masih Jadi Pembunuh Pertama Wanita
23-05-2016 | 06:29 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062