Icip - Icip
Warga Lereng Semeru Gelar Festival Rujak Otek
Minggu, 01-09-2019 | 16:40 wib
Reporter : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com  Warga di Lereng Gunung Semeru, Desa Sumber Wuluh,Kecamatan Candipuro, Lumajang, menggelar festival rujak otek. Kegiatan ini dilakukan guna mengenalkan makanan rujak khas desa setempat.
Pengunjung dari berbagai daerah, nampak antusias datang ke lokasi festival rujak otek yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Panitia sengaja menempatkan acara tersebut di gunug wayang, karena sausana dan letaknya cukup nyaman untuk bersantai.

Tidak beda jauh dengan festival rujak uleg di Surabaya, rujak otek ini lebih menekankan pada rasa yakni rasa asin lebih kuat daripada manis karena menggunakan petis merah dari Madura.

Cara pembuatannya juga sama, yakni bumbu seperti cabe, garam. Pisang klutuk dan lainnya digerus atau diuleg dalam sebuah wadah cobek berukuran cukup besar dengan menggunakan alat ulegan dari bahan kayu atau batu.

Lalu ditambahkan bahan-bahan lain seperti petis, kacang tanah, gula merah, asam dan air secukupnya. Nah, apalagi jika rujak tersebut dimakan di alam pegunungan, tentu lebih nikmat.

Cak Sul, panita, menjelaskan, acara ini sengaja digelar pemerintah desa untuk lebih mengenalkan lagi kuliner khas daerahnya, yakni rujak otek.

"Yang membedakan dengan rujak lainnya, rujak otek dari daerah ini adalah sayurnya, yakni ada tambahan sayur rebusan dari tunas bambu nanap yang cukup kenyal," ujar Cak Sul.

Acara yang baru pertama kali digagas pemerintah desa ini langsung mendapatkan respon dari pemerintah daerah. Nugroho Dwi Watmoko, Asisten Administrasi Pemkab Lumajangin, mengatakan, pemerintah daerah berjanji akan menjadikan acara ini sebagai agenda rutin kabupaten setiap tahunnya.

Ada berbagai kriteria pemanang dalam acara festival rujak otek ini. Diantranya, adalah dekorasi tempat, busana penjual, kebersihan tempat, keramahan pelayanan, tmpilan sajian dan rasa.

Jika peserta dapat memeneuhi kriteria tersebut, maka mereka berhak mendaptkan hadiah menarik dari panitia. (yos)


Berita Terkait

Metropolis
Festival Rujak Uleg Pecahkan 2 Rekor Muri dan Dunia
17-03-2019 | 15:15 wib

hut_sby_724
Festival Rujak Uleg 2017 Lebih Heboh dan Semarak
12-05-2017 | 18:08 wib

Metropolis
HUT Surabaya, 1500 Orang Meriahkan Festival Rujak Uleg
29-05-2016 | 15:14 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062