Teknologi
Logan Rice, Inovasi Bahan Pengganti Beras Ciptaan Siswi MTS Negeri 1 Kota Malang
Senin, 09-09-2019 | 20:05 wib
Reporter : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com  Tingginya tingkat konsumsi beras di masyrakat yang tidak diimbangi dengan jumlah produksi beras, berpotensi mengancam ketahanan pangan nasional.
Hal tersebut membuat dua siswi MTS Negeri 1 Kota Malang berupaya dengan menciptakan beras buatan berbahaya baku ganyong, tiwul dan bayam.

Low Glycemic And High Nutrition Analog Rice atau disingkat dengan Logan Rice, itulah nama beras ciptaan 2 siswi ini, Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana.

Logan Rice merupakan salah satu bahan pangan pengganti beras yang berbahaya dasar dari ganyong, tiwul dan bayam.

produk hasil kreasi siswa MTSN 1 kota malang tersebut dinilai sangat bagus untuk kesehatan. terutama bagi penderita diabetes. Pasalnya, logan rice terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Sehingga tingkat glikemik lebih rendah dan memiliki kandungan nutrisi  yang lebih tinggi dibandingkan beras biasa.

Selain bagus untuk penderita diabetes, beras analog tersebut juga bagus untuk diet. Kandungan glikemik yang rendah diklaim sangat bagus untuk mengurangi konsumsi gula. Ssehingga secara perlahan dapat menurunkan berat badan.

Salah satu siswa pembuat inovasi, Dania Wijayanti mengakui bahwa, dirinya melakukan riset dalam menciptakan logan rice sejak 2018 lalu.

"Inovasi ini muncul lantaran kosumsi beras penduduk Indonesia yang dinilai sudah tinggi, dan kondisi tersebut dianggap berbahaya bagi ketahanan pangan nasional," ujarnya.

Hal tersebutlah yang mendorong 2 siswi MTSN 1 Kota Malang menciptakan inovasi bahan pangan pengganti beras dari sumber daya alam yang belum termanfaatkan.

Selain itu, bentuknya yang mirip dengan beras juga dinilai mudah di terima oleh masyrakat.

Sementara itu, Kepala MTS Negeri 1 Kota Malang, Syamsudin mengatakan, hasil  inovasi logan rice karya anak didiknya itu akan  segera dilakukan pengurusan hak paten agar dapat di produksi secara masal, terlebih lagi, dirinya juga akan melakukan kerjasama dengan pabrik untuk memproduksi logan rice dengan skala besar.

Untuk diketahui, inovasi logan rice telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Malang, sebagai salah satu inovasi terbaik di bidang agribis dalam inovasi teknologi kota malang 2019. (yos)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062