Kesehatan
Tidak Ada Penderita Baru, Pemkab Pacitan Klaim Penanganan Hepatitis A Tuntas
Rabu, 11-09-2019 | 04:12 wib
Reporter : Agung Prawoto
Pacitan pojokpitu.com  Status kejadian luar biasa wabah hepatitis A di Kabupaten Pacitan hingga kini belum di cabut. Sementara, dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, tidak di temukan adanya penderita baru.
Pemerintah Kabupaten Pacitan mengklaim penanganan wabah hepatitis, khususnya di wilayah endemis penyeberanya, yakni Sudimoro dan Ngadirojo cukup berhasil.

Meski begitu, pemerintah musti memastikan agar  warga mengkonsumsi air bersih untuk menghindari munculnya virus yang dikenal cepat menular tersebut. Terlebih di musim kemarau, krisis air menjadi bencana rutinan hampir di seluruh Kecamatan Sudimoro.

Bupati Pacitan, Indartato, menyebut, droping air ke masing-masing wilayah kekeringan, saat ini terkendala medan dan minimnya kendaraan. Pasalnya dari sekitar 50 desa krisis air, hanya di backup oleh 6 tangki milik BPBD dan PDAM.

"Selain itu, air bersih bagi warga belum tercukupi jika hanya mengandalkan kiriman bantuan. Untuk itu, perlu diberikan solusi jangka panjang, seperti pembuatan sumur bor dan embung," kata Indarto.

Meski tidak ada penderita baru hepatitis A, namun Pemkab Pacitan masih menunggu 2 kali masa inkubasi. Status KLB baru bisa dicabut sekitar 10 Oktober 2019. (yos)





Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062