Metropolis
Bertemu Perdana Menteri Belanda, Jokowi Bahas Kerjasama Dagang dan Pariwisata
Senin, 07-10-2019 | 17:07 wib
Reporter : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com  Presiden Joko Widodo menerima kunjungan resmi, Perdana Menteri Kerajaan Belanda, Mark Rutte, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini akan membahas penguatan kerjasama strategis Indonesia dan Belanda.
Presiden Joko Widodo, hari ini bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin pagi.

Sesampainya di istana, Presiden Jokowi mengajak Mark Rutte untuk menanam sebuah pohon damar di sekitar kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan ini merupakan kesempatan Indonesia untuk membahas hal-hal strategis di bidang perdagangan dan investasi dengan negara kincir angin tersebut.

"Di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra perdagangan kedua terbesar dan mitra investasi pertama yang mendatangkan wisatawan terbanyak keempat dari Eropa untuk Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Indonesia akan memperkuat kerja sama yang selama ini telah berlangsung dengan menggunakan kerangka kemitraan komprehensif yang sudah dimiliki oleh kedua negara.

Di bidang perdagangan, Indonesia akan terus meningkatkan perdagangan yang terbuka dan adil. Selain itu, Jokowi menyampaikan mengenai concern Indonesia atas kebijakan Uni Eropa terhadap kelapa sawit Indonesia.

Sementara di bidang investasi, Indonesia juga mengajak Belanda meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air. Jokowi juga membahas upaya meningkatkan kerja sama di bidang vokasi, termasuk di bidang kemaritiman dan keperawatan.

Kunjungan Perdana Menteri Rutte ke Indonesia, merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke negara Asia Tenggara dan Pasifik.(end)


Berita Terkait

Politik
Ini Sosok Penting di Balik Pertemuan Jokowi dan Prabowo
14-07-2019 | 23:22 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062