Ekonomi Dan Bisnis
Potensi Ekspor Produk Jatim Ke Jepang
Kamis, 10-10-2019 | 08:09 wib
Reporter : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com  Nilai ekspor Jatim yang cenderung stagnan menjadikan pekerjaan rumah Pemprov Jawa Timur, agar memiliki strategi khusus untuk meningkatkannya. Sementara itu, pasar Jepang berpotensi besar untuk ekspor produk Jawa Timur, khususnya usaha kecil menengah.
Produk usaha kecil menengah (UKM) asal Jawa Timur berpotensi besar untuk diekspor ke Jepang, karena selama ini banyak produk Jatim diminati, khususnya produk perikanan, pertanian serta makanan minuman. Karena 60 persen produk makanan minuman di Jepang dari negara lain atau impor.

Menurut Suyoto Rais, Ketua Umum Indonesian - Japan Bussiness, (IJB) Network secara nasional nilai ekspor Indonesia ke Jepang mencapai USD 20 miliar. Hanya saja pengusaha harus mengetahui produk apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan pasar Jepang.
 
Hal ini disampaikan dalam seminar internasional merajut peluang dan strategi ekspor produk Jatim menembus pasar internasional.

Sementara itu, menurut Jamhadi, Direktur Kadin Institute, ada beberapa strategi yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekspor Jatim, karena selama nilai ekspor Jatim stagnan. Seperti rutin mengikuti pameran perdagangan, forum bisnis hingga penjajakan bisnis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur, nilai ekspor tertinggi yakni ke Jepang sebesar 1,922 juta USD, diikuti Amerika Serikat sebesar USD 1,741 juta , China USD 1,46 juta , dan Malaysia USD 667 juta .(end)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062