Metropolis
Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Tanggul Sumberejo
Senin, 02-12-2019 | 18:59 wib
Reporter : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com  Antisipasi musim hujan agar tidak terjadi banjir, Walikota Surabaya Tri Rismaharini pantau pembangunan rumah pompa, pintu air dan tanggul Sumberejo di Kecamatan Pakal Surabaya. Tanggul sepanjang 8,5 meter ini dibangun kembali, setelah sempat jebol, untuk mencegah kawasan Surabaya Barat agar tidak banjir.
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, siang tadi melakukan sidak di lokasi pembangunan rumah pompa, pintu air dan perbaikan tanggul di Sumberejo Kecamatan Pakal Surabaya. Sidak ini dilakukan untuk mengetahui langsung progres pembangunannya, setelah tanggul itu jebol pada bulan Mei lalu dan menyebabkan banjir di Surabaya barat.

Risma menjelaskan, kawasan Surabaya Barat ini selalu mendapat limpahan air dari wilayah Kabupaten Gresik, karena itu di sekitar tanggul ini dibuatkan rumah pompa. Sehingga jika terjadi hujan deras di kawasan pemukiman, air dapat disedot dan dibuang di Kali Lamong.

Selain itu, dengan pembangunan ini, juga menjadi antisipasi Jalan Kauman yang jadi salah satu akses jalan ke Stadion GBT, yang sering tergenang akibat luapan Kali Lamong. Karena itu ditargetkan dapat selesai sebelum event piala dunia U-20 pada tahun 2021.

Untuk diketahui pembangunan tanggul Sumberejo ini sendiri dilakukan sejak 3 tahun lalu, namun sempat jebol. Sehingga dibangun kembali setinggi 3 meter dengan panjang total 8,5 meter. Selain pembangunan tanggul, juga dibangun pintu air dan rumah pompa.(end)





Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062