Peristiwa
Komitmen Kabupaten Trenggalek Dalam Mengawal Program Prioritas Presiden Melalui Konsolidasi Tiga Pilar
Selasa, 03-12-2019 | 08:02 wib
Reporter : Simon Bagus,Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com  Kabupaten Trenggalek berkomitmen mengawal program prioritas presiden ri hingga ke tingkat pemerintahan desa. Sebagai wujudnya dengan digelarnya forum konsolidasi forkominda dengan tiga pilar desa dan kecamatan di Pendhapa Manggala Praja Nugraha.
Acara forum konsolidasi forkominda dengan tiga pilar desa dan kecamatan dihadiri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak dan Dandim 0806,Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto.

Mereka memaparkan hasil rapat koordinasi nasional dan provinsi beberapa waktu lalu di hadapan perangkat desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas se Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek,Mochamad Nur Arifin mengatakan, pihaknya ingin meneruskan pesan presiden dan gubernur ke pemerintahan tingkat paling bawah.

"Sehingga apa yang menjadi pesan presiden terkait hal-hal penting itu juga sampai di tingkat desa. Diharapkan selanjutnya ditindaklanjuti betul oleh pemerintah aparatur desa," ujar Bupati.

Ada dua hal utama yang bupati trenggalek sampaikan dalam forum itu. Pertama, soal penciptaan lapangan kerja dan investasi. Ia meminta pemerintahan desa untuk melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), telebih yang punya orientasi ekspor dan substitusi impor.

Lalu kedua terkait hukum agar tak represif. ia meminta pengawalan program berorientasi ke pencegahan, desa-desa di Trenggalek banyak yang ingin mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma). "Beberapa desa juga ingin membentuk desa wisata, harapan itu bagus agar ekonomi terpusat di kawasan desa," kata Bupati.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, mengatakan, pihaknya akan mengingatkan di awal apabila ada potensi membahayakan atau potensi pidana dan pelanggaran dalam program pembangunan. Tidak cukup sekali, peringatan akan dilakukan dua sampai berkali-kali.

"Tujuannya agar peringatan lebih jelas.langkah itu sebagai dukungan dari kebijakan lima program prioritas Presiden, saya juga mengingatkan agar tak ada pejabat yang bermain-main atas kebijakan itu," kata Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0806, Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, menambahkan, pihaknya punya tugas pokok dalam operasi militer selain perang. Salah satu bentuknya dengan membantu program-program pemerintah. "Babinsa bisa bersinergi dengan yang ada. mungkin bisa membantu mempercepat kegiatan yang tidak bisa hanya dijalankan oleh dinas," ujar Dandim.


Berita Terkait

Peristiwa
Ini 11 Program Prioritas Tito 100 Hari Ke Depan
16-07-2016 | 06:26 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062