Bondowoso Satu Keluarga Tewas Masuk Septic Tank 20 Meter
Belum Ada Hasil Positif Covid-19, Dewan Minta Penutupan Pasar Kapasan Ditunda
Pemprov Jatim Anggarkan Rp 2,3 Triliun Untuk Penanganan Covid19
Polisi dan Bonek Sterilisasi dan Bagi Nasi Untuk Ojol
Diduga Korsleting Listrik Ruko Dalam Pasar Ludoyo Terbakar
Sebuah Rumah di Ketintang Ambruk, Dua Penghuni Tewas
Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Donor Darah?
Penelitian IPB dan UI tentang Antivirus Corona, Semoga Bermanfaat
Sepak Terjang Kader Posyandu Perangi Covid-19
Pembatasan Aktivitas Sosial Akibatkan Rumah Pijat Tunanetra Terancam Gulung Tikar
Tergugah Membantu Para Medis Covid-19, Perajin Busana Beralih Produksi APK
Kata Pasien COVID-19, Virus Corona Bukan Soal Penyakit Saja
Begini Penerapan Protokal Pencegahan Covid-19 Ala Panti Asuhan Asy Syarifah Putri
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Lapas Tulungagung Bebaskan Ratusan Narapidana
Pengalihan Arus Lalin Pengaruhi Konstruksi Jalan dan Jembatan



Kesehatan
Lima Ritual Pagi ini Bisa Turunkan Berat Badan
Senin, 30-12-2019 | 01:07 wib
Reporter :
pojokpitu.com Berat badan tak hanya soal mengurangi makan. Selain harus dibarengi dengan berolahraga rutin, Anda juga dapat mengoptimalkan upaya tersebut dengan melakukan ritual pagi untuk membantu turunkan berat badan.
Setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dalam membantu merencanakan program diet Anda, maksimalkan dengan melakukan atau memperbaiki kebiasaan-kebiasaan pada pagi hari ini:

1. Buang Air Besar

Ritual pagi ini memang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membersihkan perut. Karena, pada umumnya gerakan usus besar pada waktu tersebut dapat membantu mengeluarkan sisa makanan yang tidak diperlukan usus secara optimal.

Bila lancar dan rutin buang air besar tiap pagi, maka Anda akan terhindar dari perut kembung, konstipasi, atau peningkatan berat badan yang tak perlu.

2. Timbang Berat Badan

Setelah buang air besar, biasakan untuk menimbang berat badan. Gunakan timbangan yang sama, pada waktu yang sama, dengan pakaian yang sama (misalnya dengan pakaian tidur atau tanpa pakaian).

Kebiasaan ini gunanya agar Anda mengetahui perubahan pada berat badan. Jadi, tak ada lagi istilah "kecolongan" akibat jarang menimbang berat badan dan makan sesukanya.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Setelah bangun tidur, biasakan untuk minum segelas air putih untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan harian. Menurut penelitian, mereka yang memenuhi kebutuhan cairan harian lebih mudah menurunkan berat badan ketimbang yang tidak.

4. Olahraga

Akan sangat baik bila Anda menyempatkan diri untuk olahraga terlebih dulu sebelum beraktivitas. Kalau bisa punya waktu dan disiplin ke gym, bagus. Jika tidak, Anda bisa memilih olahraga yang Anda suka dan mampu dilakukan.

Misalnya senam dengan dipandu video tutorial, joging keliling kompleks tempat tinggal, berenang, atau bersepeda.

Hal terpenting adalah olahraga secara teratur setidaknya tiga kali seminggu, selama 30-60 menit setiap sesinya.

Olahraga akan membantu membakar kalori dan lemak, sehingga dapat membuang kelebihan berat badan yang tak diinginkan.

Perlu diingat bahwa dalam tiga bulan pertama program penurunan berat badan Anda, sebaiknya lakukan olahraga kardio untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Lewat dari tiga bulan, kombinasikan dua sesi olahraga angkat beban untuk menambah massa otot.

5. Sarapan

Salah satu kesalahan terbesar saat diet adalah dengan melewatkan sarapan. Padahal, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Begitu pentingnya, sampai ada pepatah "makan pagi ala raja, siang bak pangeran, dan malam seperti pengemis".

Selain itu, pentingnya sarapan untuk kesehatan juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Mulai dari membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko obesitas, serta penyakit lainnya seperti penyakit jantung.

Dengan disiplin sarapan setiap pagi, selain Anda bisa menabung energi dan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang nanti, Anda juga akan terhindar dari rasa lapar yang mendera sebelum jam makan siang.

Mereka yang tidak rutin sarapan sering kali dapat merasa lapar sebelum waktunya. Ujung-ujungnya, Anda malah melahap camilan, apalagi camilan yang tidak sehat.

Camilan yang tinggi kalori, gula, dan lemak justru bisa lebih jahat daripada menu makan besar, dan dapat dengan mudah bikin berat badan naik.

Tak hanya itu, melewatkan sarapan juga bisa membuat Anda kalap makan dan tidak bijak dalam memilih menu makan siang.

Menu sarapan yang dianjurkan adalah yang tinggi protein, sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, kemungkinan Anda tergoda untuk ngemil dan makanan berlebihan saat makan siang bisa diminimalkan.

Contoh menu makan yang baik adalah telur, yoghurt, keju, kacang-kacangan, dan susu.

Untuk memastikan pola makan Anda terjaga saat diet, paling amannya adalah menyiapkan bekal makan dan camilan dari rumah. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, tinggi gula, dan tinggi lemak.

Mendapatkan tubuh ideal memang kadang bisa sulit. Namun, dengan tekad sekuat baja, melibatkan dokter spesialis gizi untuk merencanakan diet yang sesuai kondisi tubuh, olahraga rutin, mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar, serta melakukan ritual pagi di atas untuk turunkan berat badan, niscaya angka timbangan yang Anda idamkan bisa diraih.(RN/RPA/klikdokter/jpnn/yos)


Berita Terkait

Kesehatan
6 Hal Tidak Terduga Ini Penyebab Berat Badan Turun Drastis
11-11-2019 | 04:23 wib

Life Style
Begini Cara Menurunkan Berat Badan di Usia Sudah 40 Tahun
06-08-2018 | 05:01 wib

Kesehatan
Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini
21-06-2018 | 05:18 wib

Life Style
Ibu-Ibu!.. Ini Loh Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat
26-12-2017 | 01:21 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062