Kesehatan
Virus Corona Merebak, 6 Langkah Ini Perlu Dilakukan Pemerintah
Senin, 27-01-2020 | 06:20 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com  Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi masuknya virus Corona asal Kota Wuhan, China, yang penyebarannya telah ditemukan di berbagai negara.
Pertama, Saleh mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah antisipatif agar virus tersebut tidak masuk ke Indonesia.
Dalam konteks itu, pintu-pintu masuk bisa diawasi secara ketat. Jika ditemukan ada suspect tertular virus corona yang mau masuk Indonesia, itu perlu dicegah.

"Jika benar terbukti tertular, perlu segera dikarantina dan dilakukan tindakan-tindakan yang diperlukan agar tidak meluas dan menginveksi yang lain," ucap Saleh saat dihubungi jpnn.com, Minggu (26/1).

Kedua, pemerintah diminta untuk melakukan sosialisasi terkait virus corona ini. Sosialisasi ditujukan agar masyarakat secara bersama-sama dapat menghindari agar tidak tertular.

Semakin baik masyarakat mengenal bahaya virus ini, semakin baik pula persiapan mereka untuk menghindarinya.

Ketiga, pemerintah harus mengimbau masyarakat agar tidak panik. Jika ada anggota keluarganya yang sakit dan diduga tertular virus ini, diminta untuk segera dibawa ke rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan lainnya.

"Untuk saat ini, hanya dokter dan paramedis yang diharapkan dapat menangani dan mengambil tindakan yang diperlukan," lanjut politikus PAN ini.

Keempat, pemerintah harus menyiapkan rumah-rumah sakit khusus yang dapat menangani virus corona dan keberadaan RS itu perlu diumumkan ke publik.

Dengan begitu mereka bisa langsung membawa suspect atau orang yang diduga tertular virus corona ke rumah-rumah sakit tersebut.
Langkah kelima menurut wakil rakyat dari Sumatera Utara ini, , pemerintah harus terus memantau keberadaan WNI yang sedang berada di luar negeri. Terutama mereka yang berada di negara di mana virus ini sudah menyebar.

"Keselamatan WNI di sana tentu juga menjadi tanggung jawab pemerintah," kata mantan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.
Terakhir, pemerintah Indonesia dapat bekerjasama dengan pemerintah China untuk memantau pergerakan lalu lintas barang dan orang dari dan ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kerja sama seperti ini diperlukan agar virus tersebut tidak dengan mudah menyebar ke luar daratan Tiongkok.

"Sebagai anggota komunitas global, pemerintah China tentu senang bekerjasama dengan pihak mana pun sebagai wujud dari tanggung jawab kemanusiaan," tandasnya.(fat/jpnn/end)


Berita Terkait

Metropolis
Antisipasi Virus Corona, Ruang Polres Ponorogo Disemprot Dis...selanjutnya
25-03-2020 | 15:41 wib

Infotainment
Jangan Anggap Remeh! Andrea Dian yang Rajin Berolahraga Saja...selanjutnya
23-03-2020 | 04:20 wib

Infotainment
Aktris Andrea Dian Positif Virus Corona
23-03-2020 | 01:55 wib

Ekonomi Dan Bisnis
Cerita Pengusaha yang Mulai Terkena Dampak Virus Corona
21-03-2020 | 10:42 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062