Teknologi
Ini Cara Terhindar dari Gangguan Listrik Berbahaya
Minggu, 02-02-2020 | 05:10 wib
Reporter :
pojokpitu.com KEHIDUPAN kita tidak bisa terlepas dari listrik. Lagipula, memang seperti itulah kegunaan listrik, yakni sebagai sumber daya yang membuat Anda nyaman, dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
Penggunaan listrik sendiri sangat mudah. Bahkan, hingga cek tagihan listrik pun, sangat gampang untuk Anda lakukan.

Namun, yang kadang tidak kita ketahui yakni cara yang aman untuk menggunakan dan di sisi lain terhindari dari gangguan listrik tersebut.

Sebenarnya, Anda tentu juga sudah memahami seperti apa gangguan yang kadang disebabkan oleh listrik. Misalnya, contoh yang paling sederhana yakni terjadi korslet sehingga listrik di seluruh rumah padam.

Biasanya, ada banyak penyebab listrik ini mengalami kendala teknis seperti yang telah disebutkan di atas. Di samping itu, hal seperti demikian sudah sangat umum terjadi.

Berarti kendala terkait listrik sebenarnya merupakan hal yang wajar Anda alami. Baik itu karena ketidaksengajaan, atau kelalaian, maupun kadang ada kendala yang perlu segera diatasi, tetapi terabaikan karena seisi rumah sibuk dengan berbagai aktivitas masing-masing.

Untuk itulah, sebagai penghuni rumah, Anda perlu lebih cermat dalam menggunakan listrik. Artinya, Anda perlu memahami cara pemakaian listrik yang aman, sehingga apapun aktivitas yang Anda lakukan bisa tetap berlangsung dengan baik, serta tidak mengalami risiko yang membahayakan.

Oleh karena itu, mari simak berbagai tips penting untuk agar bisa menggunakan listrik dengan cara yang paling aman:

Tidak Berlebihan Saat Menggunakan Listrik

Jang menggunakan listrik berlebihan ketika Anda menancapkan kabel dari semua peralatan elektronik ke stop kontak, secara bersamaan.

Biasanya ada batasan tertentu untuk arus listrik yang dikeluarkan dari setiap stop kontak yang sudah terpasang di dinding Anda.

Kadang, jika Anda menggunakannya secara berlebihan, ini bisa menyebabkan korslet. Jika tidak, Anda pun jadi boros listrik. Maka dari itu, silakan menggunakan listrik seperlunya dan sewajarnya. Berhematlah listrik karena itu bermanfaat besar bagi Anda.

Memanggil Jasa Servis untuk Memperbaiki Alat Elektronik Bermasalah

Jangan mencoba memperbaiki sendiri alat elektronik yang berhubungan dengan listrik seorang diri.

Kecuali jika Anda memahami betul tentang kelistrikan, seperti misalnya pernah bersekolah dengan mengambil jurusan yang terkait, atau Anda pernah mengikuti course secara profesional, sebaiknya ketika terjadi kendala pada alat elektronik Anda.

Panggil saja jasa servis untuk memperbaikinya. Terkadang, ketika orang awam bermaksud untuk memperbaiki listrik sendiri, kabel alat elektroniknya masih menancap pada stop kontak, tanpa disadari.

Jadi, Anda lupa untuk mematikannya atau mencopot dahulu kabelnya. Ini yang bisa menjadi risiko berbahaya untuk Anda.

Contoh yang mudah yakni perangkat seperti air conditioner atau AC. Tentu saja, benar-benar ada ahli reparasi yang bisa memperbaikinya jika bermasalah. Jangan mencobanya sendiri.

Selain hasilnya lebih terjamin serta prosesnya juga cepat, yang paling penting yaitu Anda tetap aman terjaga dari risiko cedera atau luka.

Hindari Menyentuh Alat Elektronik Saat Tangan Basah

Biasanya, Anda tergoda untuk langsung menggunakan hair dryer atau pengering rambut sehabis keramas. Contoh lainnya, yakni Anda ingin menggunakan cukuran listrik langsung pada saat kondisi tangan Anda masih basah.

Namun, selayaknya Anda berhenti melakukan kebiasaan ini. Sebab, bakal kurang aman bagi Anda jika Anda memegang peralatan elektronik ketika tangan Anda dalam kondisi basah.

Ini karena air merupakan penghantar listrik yang sangat aktif. Memang kita bukan mengharapkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, tetapi bukankah yang terbaik adalah berjaga-jaga? Daripada menghadapi risiko tersetrum karena tangan basah Anda menyentuh alat elektronik.

Pastikan untuk mengeringkan kedua tangan Anda terlebih dahulu. Baru kemudian setelah itu Anda bisa bebas menggunakan alat elektronik yang ingin
digunakan.

Berhati-Hati dengan Penggunaan Listrik Oleh Anak-Anak

Biasanya, anak kecil dipenuhi rasa penasaran. Mereka pun ingn mencoba segala hal baru. Apalagi, kalau mereka sudah biasa mengenal kabel dan stop kontak. Terkadang, bahkan anak-anak menancapkan dan mencabut kabel hanya untuk bermain-main.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan aktivitas bermain anak. Namun, ini juga bisa berbahaya buat anak kecil. Meskipun tidak menggunakan sistem pelindung yang paling mahal Anda juga bisa mengedukasi anak terkait kelistrikan.

Misalnya, cara yang paling sederhana yakni sebisa mungkin Anda memberitahu bahayanya kalau bermain-main dengan listrik, terutama stop kontak. Beritahu anak-anak, kalau risikonya bisa membuat mereka tersetrum.

Memastikan Bahwa Listrik di Rumah Selalu Stabil

Ketika Anda menyalakan listrik di rumah, coba perhatikan dengan seksama, apakah lampu Anda berkedip-kedip atau tiba-tiba padam tanpa sebab. Terkadang, penyebabnya adalah kabel yang molor atau putus. Hal seperti ini perlu diatasi dengan benar, dan juga secara profesional.

Sebab, jika tidak, hal ini bisa berisiko bagi Anda, bahkan juga dapat memicu munculnya percikan api hingga terbakar.

Namun, tenang saja, semuanya bisa diatasi dengan mudah. Anda cukup meminta bantuan petugas PLN untuk memperbaiki kerusakan maupun kendala pada


kelistrikan di rumah Anda.

Sedangkan, sembari menunggu waktu perbaikan listrik tersebut, Anda bisa melakukan sejumlah langkah antisipasi yang tepat dan aman. Pastikan tidak ada benda-benda berbahan logam yang berada terlalu dekat dari tombol lampu atau stop kontak yang mungkin ada di dekatnya. Hindarkan juga benda logam dari lampu Anda yang berkedip-kedip karena sedang mengalami kendala pada aliran listriknya.

Hindari Menggunakan Air untuk Mematikan Percikan Api Listrik

Jika sewatu-waktu Anda melihat ada percikan api yang muncul pada stop kontak, atau apapun yang merupakan outlet listrik, maka pastikan Anda tidak menggunakan air untuk memadamkannya.

Seperti yang sudah kita baca sama-sama dalam poin sebelum ini, bahwa air merupakan penghantar listrik yang sangat kuat. Jadi, alih-alih membuatnya padam, siraman air justru berpotensi menghantarkan listrik sehingga bisa membuat korsletnya lebih parah, atau Anda jadi tersetrum.

Tenang saja, ini biasanya jarang terjadi. Sebab, kalau sampai muncul percikan api, maka itu berarti ada kendala besar yang terjadi pada kelistrikan di rumah Anda. Lagipula, sebagai individu pengguna listrik yang cerdas, sudah pasti Anda memahami bahwa air harus dihindarkan dari listrik karena
sifatnya yang dapat menjadi penghantar.

Namun, kalau memang benar terjadi kendala yang sudah sulit diatasi bahkan oleh petugas PLN, bisa jadi ini waktunya Anda menginstal ulang listrik di rumah
Anda. Serahkan saja semuanya kepada petugas PLN, dengan begitu Anda bisa tenang.


Cermat Mengenali Tanda Terjadinya Gangguan Listrik

Ada banyak kondisi yang menunjukkan bahwa listrik di rumah Anda sedang mengalami suatu gangguan. Umumnya, salah satu tanda yang paling bisa langsung diketahui yakni bau terbakar pada stop kontak tempat Anda menancapkan kabel listrik.


Jika tidak, terkadang juga muncul bau seperti terbakar pada perangkat elektronik Anda. Ini bisa menjadi tanda yang menunjukkan bahwa sedang
ada gangguan listrik, dan itu berisiko untuk Anda.

Masih sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apapun itu kondisi dan kendalanya, Anda tinggal memanggil layanan perbaikan listrik saja, atau petugas PLN. Ini karena merekalah yang lebih memahami tentang kelistrikan.

Jadi, apapun itu yang berhubungan dengan perbaikan listrik, Anda bisa menyerahkan sepenuhnya kepada petugas PLN.

Menjadi Pengguna Cerdas yang Sadar Akan Pentingnya Keamanan Listrik

Tidak ada orang yang tak menggunakan listrik. Di mana pun rumah Anda berada, serta apapun pekerjaan Anda di kantor, bahkan untuk sekolah anak-anak, semuanya menggunakan listrik untuk bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, tidak hanya menggunakannya saja, tetapi Anda juga perlu bersikap bijak agar dapat menggunakan listrik dengan seaman-amannya.

Meski sama pentingnya dengan air dan gas, listrik dapat dikatakan lebih sensitif daripada kedua sumber daya tersebut. Ini karena listrik memiliki tegangan voltase yang merupakan sumber energi untuk menghidupkan beragam alat elektronik.

Anda sudah membacanya dalam ulasan pada artikel ini, bahwa semua kendala kelistrikan yang terjadi bisa diatasi oleh petugas PLN yang berpengalaman di bidangnya.

Namun, untuk melakukan langkah pencegahan, Anda bisa membiasakan diri untuk lebih cermat, dalam menggunakan listrik dengan aman. Ikuti saja tips-tips tadi, maka Anda bisa nyaman selamanmenggunakan fasilitas listrik. (flo/jpnn/yos)


Berita Terkait

Peristiwa
Bersihkan Dahan Pohon, Seorang Warga Kritis Tersengat Listri...selanjutnya
25-02-2020 | 17:05 wib

Peristiwa
Miris, Warga Kecamatan Kangayan Hingga Saat Ini Tanpa Aliran...selanjutnya
23-02-2020 | 00:21 wib

Peristiwa
Pengusaha Air Isi Ulang Tewas Tersengat Listrik
13-02-2020 | 18:54 wib

Teknologi
Ini Dia Sepeda Listrik Buatan Lokal Madiun
11-02-2020 | 08:18 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062