Teknologi
Warga Ngawi Secara Mandiri Buat Antiseptik Berbahan Daun Pandan
Kamis, 26-03-2020 | 04:22 wib
Reporter : Ito wahyu
Ngawi pojokpitu.com  Sulitnya mencari hand sanitizer setelah virus corona mewabah, mendorong warga pinggiran lereng gunung lawu Kabupaten Ngawi, membuat antiseptik sendiri. Antiseptik berbahan daun sirih dan pandan yang banyak tumbuh di pemukiman warga.
Pembuatan antiseptik dilatarbelakangi kelangkaan alkohol di pasaran. Di tangan warga Desa, Kecamatan Sine dan sejumlah relawan dari TNI-Polri membuat antiseptik alami penganti alkohol berhasil dibuat menggunakan daun sirih dan pandan.

Antiseptik alami sudah banyak, kemudian dibagikan kepada warga yang selama ini kesulitan mencari hand sanitizer secara gratis. Hasilnya antisptik alami itu mampu membunuh kuman meski secara pelahan.

Menurut Juwarni, warga setempat, dua bahan baku, daun sirih dan pandan banyak tumbuh di pemukiman. Antiseptik ini juga tidak menggunakan bahan kimia seperti alkohol. Sebagai penggantinya menggunakan daun sirih yang memiliki kandungan alkohol secara alami, serta aroma daun pandan sebagai pewangi.

Sementara itu Komandan Koramil Sine Kabupaten Ngawi, Kapten Inf M Zaenal Arifin mengaku, bahan yang dibuat untuk antiseptik sangat mudah didapatkan. Antiseptik tersebut menurutnya sudah terbukti efektif dapat digunakan untuk menjaga kebersihan.

Tak sedikit warga yang datang membawa botol meminta antiseptik gratis tersebut. Mereka datang dari berbagai desa, termasuk warga dari Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah. "Sudah ribuan liter antikseptik alami dibuat pasca mewabahnya virus corona," kata Kapten Inf M Zaenal Arifin. (pul)


Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062