Penempatan Tapal Batas Kabupaten Madiun Mengacu Pada Permendagri No. 141/2017



Metropolis
Unair - ITS Ciptakan Robot Rawat Pasien Covid 19
Rabu, 01-04-2020 | 17:26 wib
Reporter : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com  Universitas Airlangga bersama Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) menciptakan robot untuk merawat pasien covid 19. Robot ini berfungsi untuk mengganti tugas perawat sebagai pengantar obat dan makanan ke ruang perawatan pasien covid 19, agar tidak tertular virus corona.
Robot hasil inovasi Universitas Airlangga bersama Institut Teknologi 10 November Surabaya Jawa Timur, agar tenaga medis tidak tertular pasien positif virus corona. Robot yang diberi nama pronakes atau pro tenaga kesehatan ini berfungsi mengganti peran tenaga medis untuk mengantar obat atau makanan ke pasien covid 19.

M. Nasich, Rektor Unair mengatakan, robot ini dikembangkan karena selama ini tenaga medis rentan tertular covid 19 karena kontak langsung dengan pasien. M. Nasich menambahkan, robot ini siap diaplikasikan di Rumah Sakit Unair, yang kini menanggani 22 pasien orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan.

Sementara itu, Dokter Nico Azhari Hidayat, tim pengembang robot mengatakan, salah satu keunggulan robot ini adalah tidak memerlukan alat perlindungan diri (APD) yang selama ini dirasa kurang. Selain itu, robot ini bisa mengurangi sebagian besar fungsi tim medis dengan mampu berkomunikasi dua arah dengan pasien covid 19.

Rencananya, robot senilai Rp 400 juta ini akan dibuat sebanyak 4 robot. Dan akan diujicobakan 4 hari mendatang di Rumah Sakit Universitas Airlangga untuk melayani pasien virus covid 19.(end)




Berita Terkait



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062