Batu Kuno Diduga Untuk Upacara Adat, Ditemukan di Sekitar Batu Kenong
5 Perangkat Desa Sogo Kosong, Puluhan Peserta Ikuti Ujian Seleksi
Pelipatan Surat Suara Pilkada Tuban Terapkan Prokes
Dua Kementerian Tinjau Revitalisasi Pasar
PSI Surabaya Targetkan Kemenangan 70 Persen Untuk Paslon Eri-Armuji
UMK Kota Batu Naik Rp 25.000
16 Ribu Lebih Petugas Pemilih Jalani Rapid Test
Pandemi Covid 19 Karangtaruna Produksi Sabun Cair



Life Style
Apakah Benar, Berhubungan Suami Istri Bisa Tertulari Virus Corona?
Rabu, 15-04-2020 | 14:42 wib
Reporter :
Foto ilustrasi pasangan suami istri
pojokpitu.com Bentuk rasa sayang pada suatu pasangan suami istri adalah saat berhubungan. Tidak hanya meningkatkan kualitas hubungan, tapi melakukan aktivitas suami istri juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikis.
Tahukah Anda bahwa penularan virus corona bisa disebabkan karena aktivitas suami istri?

Berhubungan suami istri bisa jadi gerbang penularan virus corona
Melansir dari Guardian, seorang dokter dari Departemen Biomedis dan Ilmu Kehidupan Lancaster University Inggris, dan seorang pakar penyakit virus, dr. Muhammad Munir mengatakan berhubungan suami istri bisa menjadi cara penularan coronavirus.
Pasalnya, ketika seorang yang sehat melakukan hubungan suami istri apapun dengan seseorang yang sudah terjangkit virus, maka orang tersebut bisa dengan mudah ikut tertular.

"COVID-19 sendiri sebenarnya tidak sama seperti penyakit seksual menular, yang ditularkan ketika sedang berhubungan intim. Tapi ketika seseorang melakukan hubungan, akan ada kontak yang sangat memungkinkan penularan itu bisa terjadi, " ujar dr. Munir.

Hal ini pun juga dibenarkan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Dirinya menyebutkan, apabila ada aktivitas fisik yang sangat dekat dengan orang positif corona, maka kemungkinan besar Anda tertular pun sangat besar.

"Kalau berhubungan seksual yang dimaksud adalah penetrasi penis yang masuk ke dalam vagina, maka virus corona tidak akan ditularkan. Tapi kan kalau berhubungan seksual itu pasti ada kontak fisik lainnya, seperti berciuman, pelukan dan sebagainya. Nah, itulah yang buat seseorang jadi tertular virus corona," jelas dr. Sepriani Timurtini.

Lalu bagaimana bila sudah terlanjur, apa yang harus dilakukan?
Jika Anda sudah terlanjur berhubungan badan dengan orang yang positif terkena virus corona, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah langsung pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan virus.

Apabila Anda dinyatakan negatif COVID-19, maka pihak medis biasanya akan meminta Anda untuk mengarantinakan diri sendiri sembari melakukan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Akan tetapi perlu diingat, observasi demi observasi juga perlu dilakukan selama dan pascapemeriksaan.

Berbeda halnya apabila Anda terjangkit virus corona setelah berhubungan badan, Anda akan diobservasi, diteliti, diisolasi dan diminta untuk mengikuti segala prosedur pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Sampai saat ini memang belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan virus corona. Tapi dengan berbagai macam prosedur penyembuhan yang ditetapkan oleh pemerintah, maka besar kemungkinan pasien corona virus bisa sembuh dan kembali pulang ke rumah masing-masing," jelas dr. Speriani.(klikdokter/yan)


Berita Terkait

Life Style
Amankah Makan di Luar Rumah Saat Pandemi Corona?
04-06-2020 | 06:45 wib

Otomotif
Mobil Jarang Dipakai? Jangan Lupa Cek Komponen Ini
27-04-2020 | 12:04 wib

Life Style
Apakah Benar, Berhubungan Suami Istri Bisa Tertulari Virus C...selanjutnya
15-04-2020 | 14:42 wib

Life Style
7 Khasiat Terong yang Jarang Diketahui
13-04-2020 | 13:50 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062