Agar Mudah Diterima, Edukasi Masker Pakai Tokoh Kartun Batman
Gandeng Wartawan, BPBD Jatim Sosialisasikan Prokes
KPU Sidoarjo Seleksi 127 Calon Relawan Demokrasi
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis, Terdampak Merebaknya Covid-19
Pemkab Akan Undang Investor Dirkan Pabrik Rokok di Ngawi
Pemaparan Sosialisasi Perbawaslu Dimusim Pandemi Dihadapan Seluruh Petugas PPK
Sehari 9 Sembuh, Tapi Ada Tambahan 12 Positif Covid-19
Diperpanjang Hingga 2021, Sebanyak 1.085.000 Pekerja Sudah Terima BSU
Kasek dan Guru SMAN 2 Ngawi Terpapar Covid-19
Bupati Novi Kembali Digugat 15 Miliar Atas Dugaan Penyerobotan Tanah Warga
Krisis Air Bersih,Warga Berebut Air Bantuan Pemkab

Sangat Penting Mencegah Konflik Dengan Teman
Rabu, 12-08-2020 | 09:24 wib
pojokpitu.com Rublik Konsultasi Pengembangan Diri pojokpitu.com untuk memberikan pelayanan bantuan bagi semua orang yang membutuhkan solusi. Terutama untuk pengembangan kepribadian serta dampak psikologis lain, akibat peristiwa kekerasan, konflik, bencana alam, dampak penyakit dan pengalaman traumatis. Rublik Konsultasi Pengembangan Diri ini terbuka, materi kasus/naskah dikirim melalui email pojokpitu@yahoo.com.
Pertanyaan,

Sering Konflik Dengan Teman. Saya seorang remaja usia 16 tahun, saya merasa sering terlibat konflik dengan sesama teman sepantaran atau orang yang usianya lebih tua daripada saya. Tidak jarang saya melakukan mengakhiri konflik itu dengan pertengkaran. Saya ingin sekali mengurangi dan menghentikan sifat buruk itu. Bagaimana caranya ?

Malang, 11 Agustus 2020
Yohan


Jawaban,

Remaja adalah masa pencarian identitas diri. Selalu terlibat konflik, mengakhiri konflik dengan pertengkaran adalah salah satu pengaruh dari pola asuh lingkungan. Mungkin anda dulu sering melihat orang tua bertengkar dihadapan anda atau sering melihat kekerasan verbal yang terjadi di lingkungan tempat tinggal anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter anda sekarang ini yang senang atau sering terlibat konflik.

Syukurlah anda menyadari bahwa itu adalah sifat yg buruk. Karena itu adalah awal Anda untuk bisa merubah kebiasaan-kebiasaan buruk anda. Tekankan pada pribadi anda bahwa anda ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Bergaulah dengan teman-teman yang positif sehingga aura positif akan menular ke diri anda. Karena pada dasarnya manusia itu baik hanya lingkungan yg memengaruhi nya menjadi kurang baik.

Fokus pada hal-hal yang positif seperti melakukan yang disukai misalnya menyanyi, berenang, berlari atau adventure sehingga dapat merelease hal-hal negatif yang ada di diri kita. Kemudian belajar untuk melatih diri agar tidak mudah emosi. Caranya saat kita marah besar pergi ke gym atau ke sasana tinju lampiaskan emosi anda dengan memukul sansak tinju tersebut atau dengan angkat barbel di gym. Sehingga emosi kita qta terlampiaskan secara positif.

Banyak mendengarkan motivasi-motivasi positif baik dari radio, televisi atau pun dari YouTube. Hal tersebut untuk menjaga mood agar tetap positif. Belajar mengatur emosi itu juga butuh proses sehingga nikmati setiap prosesnya. Lakukan dengan sungguh-sungguh dengan niat dari dalam hati yang terdalam. Yakin bahwa kita pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Tetep semangat ya guys...good luck for you..

Narasumber: Rusmalia Dewi, M.Si., Psikolog


Berita Terkait

Konsultasi Psikologi
Bingung Pilih Antara PNS atau Pengusaha
29-08-2020 | 15:26 wib

Konsultasi Psikologi
Jika Pimpinan Manfaatkan Anak Buahnya
13-08-2020 | 11:15 wib

Konsultasi Psikologi
Ada Dua Pilihan Yang Meragukan, Saya Pilih Mana
13-08-2020 | 03:13 wib

Konsultasi Psikologi
Sangat Penting Mencegah Konflik Dengan Teman
12-08-2020 | 09:24 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062