Agar Mudah Diterima, Edukasi Masker Pakai Tokoh Kartun Batman
Gandeng Wartawan, BPBD Jatim Sosialisasikan Prokes
KPU Sidoarjo Seleksi 127 Calon Relawan Demokrasi
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis, Terdampak Merebaknya Covid-19
Pemkab Akan Undang Investor Dirkan Pabrik Rokok di Ngawi
Pemaparan Sosialisasi Perbawaslu Dimusim Pandemi Dihadapan Seluruh Petugas PPK
Sehari 9 Sembuh, Tapi Ada Tambahan 12 Positif Covid-19
Diperpanjang Hingga 2021, Sebanyak 1.085.000 Pekerja Sudah Terima BSU
Kasek dan Guru SMAN 2 Ngawi Terpapar Covid-19
Bupati Novi Kembali Digugat 15 Miliar Atas Dugaan Penyerobotan Tanah Warga
Krisis Air Bersih,Warga Berebut Air Bantuan Pemkab

Jika Pimpinan Manfaatkan Anak Buahnya
Kamis, 13-08-2020 | 11:15 wib
ILUSTRASI. Kantin kampus menjadi tempat interaksi mahasiswa, staf pengajar hingga para akademisi. Di tempat seperti ini hubungan sosial menjadi lebih egaliter dan tanpa batas profesi dan jabatan di kampus. Foto dok pojokpitu.com
pojokpitu.com Rublik Konsultasi Pengembangan Diri pojokpitu.com untuk memberikan pelayanan bantuan bagi semua orang yang membutuhkan solusi. Terutama untuk pengembangan kepribadian serta dampak psikologis lain, akibat peristiwa kekerasan, konflik, bencana alam, dampak penyakit dan pengalaman traumatis. Rublik Konsultasi Pengembangan Diri ini terbuka, materi kasus/naskah dikirim melalui email pojokpitu@yahoo.com.
Pertanyaan,

Saya seorang tenaga pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, saya menghadapi pimpinan saya yang cenderung toxic leader atau memanfaatkan anak buahnya untuk kepentingan personal. Dan itu sudah pernah merugikan saya dan teman-teman yang lain. Apa yang harus saya lakukan, mohon arahannya.

Malang 7 Agustus 2020
Mas Yos


Jawaban,

Dalam perspektif manajemen sumber daya manusia, karyawan adalah sumber daya penting perusahaan. Tim yang bisa bekerjasama akan mampu berjalan bersama2 menuju visi-misi perusahaan. Adanya leader/pimpinan yang cenderung memanfaatkan anak buah artinya pemimpin ini tidak tahu cara memimpin. Dimana seorang pemimpin itu seharusnya bisa menjadi teman, sahabat juga partner dalam bekerja.

Seorang pemimpin seharusnya mampu menjadi pengayom dan mau mendengarkan anak buahnya. Hal tersebut merupakan salah satu sumber kepuasan karyawan dalam bekerja sehingga mampu meningkatkan performa kerja. Toxic leader merupakan ciri-ciri/karakteristik pemimpin yang ego.

Artinya dia akan melakukan apapun agar tujuan pribadinya tercapai meskipun itu harus mengorbankan anak buahnya. Tipe pemimpin semacam ini hanya akan bersifat sementara saja. Seperti bom waktu, tinggal menunggu saatnya untuk meledak. Karena adanya ketidakpuasan dari bawahan dapat mengakibatkan penurunan pada kinerjanya. Hasilnya tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Hal tersebut pada akhirnya akan merugikan perusahaan juga. Hal yang perlu dilakukan adalah evaluasi diri dengan lingkungan sekitar.

Apakah teman-teman anda juga merasakan hal yang sama. Kalau iya, maka coba bicarakan dengannya mengenai keberatan-keberatan kalian. Selanjutnya lihat reaksinya. Kalau memang tidak berubah maka minta pihak ke 3 sebagai moderator/yang menjembatani antara kalian dan pimpinan. Seperti HRD atau atasan lain dari divisi yang berbeda.

Kalau tidak berhasil juga artinya kalian wajib memperhatikan kesehatan mental/psikologis kalian semua. Pilihan ada ditangan kalian, apakah mau merubah persepsi kalian terhadap pimpinan sehingga kalian bisa mengikuti cara kerjanya sehingga kalian tetap nyaman dalam kerja atau sebaliknya cari tahu ttg informasi baru pekerjaan di divisi lain atau di perusahaan lain. Semuanya kembali ke diri kalian masing-masing sebagai pengambil keputusan dalam kehidupan ini. Stay positive dan  jangan lupa bahagia.

Narasumber: Rusmalia Dewi, M.Si., Psikolog




Berita Terkait

Konsultasi Psikologi
Bingung Pilih Antara PNS atau Pengusaha
29-08-2020 | 15:26 wib

Konsultasi Psikologi
Jika Pimpinan Manfaatkan Anak Buahnya
13-08-2020 | 11:15 wib

Konsultasi Psikologi
Ada Dua Pilihan Yang Meragukan, Saya Pilih Mana
13-08-2020 | 03:13 wib

Konsultasi Psikologi
Sangat Penting Mencegah Konflik Dengan Teman
12-08-2020 | 09:24 wib



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami
| Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber

©2014 Pojok Pitu Jln. A.Yani 88 Surabaya Telp. (031)-8202012 Fax. (031)-8250062